Tips Menjadi Wirausahawan yang Sukses

             Wirausaha merupakan orang yang memiliki kemampuan melihat serta  menilai peluang-peluang bisnis, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan untuk mengambil sebuah tindakan yang tepat guna untuk meraih kesuksesan. Wiarusaha bisa juga disebut dengan entrepreneur.

            Di zaman sekarang, sudah bukan hal yang asing lagi ketika seorang mahasiswa di berbagai perguruan tinggi menjadi seorang entrepreneur. Kita pasti tahu Bill Gates, Mark Zuckerberg, dan Larry page bukan? Ya, mereka adalah pengusaha sukse yang memulai karir mereka dikala masih menjadi seorang mahasiswa. Mereka berbagi lebih dari skedear prestasi yang bisa kita tiru. Mereka tidak hanya mendapat uang jajan lebih, melainkan dapat membuat awal yang baru dan bahkan memberikan lapangan kerja baru bagi orang lain. Memang sulit untuk memulai suatu bisnis tanpa pengalaman. Tetapi saat keinginan dan niat mengalahkan ketakutan akan gagal, maka semuanya bisa dilewati.

            Berikut ini merupakan bagaimana cara menjadi wirausahawan yang sukses

  • Menentukan produk yang tepat

Untuk menentukan produk, kita harus melakukan riset terlebih dahulu, mulai dari riset konsumen sampai riset persaingan. Produk yang baik adalah produk yang memiliki jumlah peminat yang besar namun memiliki tingkat persaingan kecil.

  • Mencari tahu siapa target pasar

Untuk memulai wirausaha, tentunya kita harus tahu siapa target pasar yang kita tuju agar saat pengaplikasiannya atau cara penjualannya tidak terjadi kesalahan.

  • Memilih media promosi yang efektif

Ada banyak media yang bisa digunakan untuk mempromosikan produk yang akan kita jual. Tetapi media promosi bergantung pada target pasar yang dituju, seperti apabila yang dituju remaja maka dapat digunakan media sosial, dan apabila orang tua dapat digunakan televsi atau radio.

  • Menggunakan strategi promosi kreatif

Pemasaran yang baik tentunya akan meningkatkan penjualan. Caranya kita bisa mendapatkan kepercayaan pelanggan di awal, memberikan harga murah, promosi dengan diskon, menyarankan produk lain, dan menyediakan layanan setelah penjualan seperti penukaran barang bila terjadi kesalahan.

  • Membuat pembukuan untuk menghitung margin

Dari pembukuan kita dapat mengetahui berapa keuntungan dan kerugian yang kita miliki. Dengan pembukuan akan membantu kita untuk melanjutkan bisnis untuk ke depannya.

#AF

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *