STULAKOM 2015 – TRASURE

Halo THP-ers! Masih ingat kan STULAKOM kemarin yang berkunjung ke Jawa Timur dan Jawa Tengah? Nah, buat yang belum bisa ikut kemarin, sekarang kita mau review beberapa kunjungan industry.Penasaran? Check this out!

1. Amerta Indah Otsuka, Kejayan, Jawa Timur

Pabrik ini memproduksi minuman yang kita kenal sebagai minuman Isotonik. Yap, Pocari Sweat, sudah tidak asing lagi bukan? Berikut profil tentang perusaahan ini.

PT. Amerta Indah berjarak sekitar 60 km dari kota Surabaya atau sekitar 50 km dari kota Malang. Tepatnya di Pabrik Kejayan Jl. Malang – Pasuruan km 11 Desa Pacarkeling, Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Produk unggulan dari PT. Amerta Indah Otsuka adalah POCARI SWEAT ( minuman ringan pengganti ion tubuh ) dan SOYJOY ( sebuah konsep baru dan pertama di Indonesia yang menawarkan suatu produk dengan manfaat kedelai dan buah sekaligus menjadi makanan yang sehat dan praktis ). Dalam kunjungan di PT Amerta Indah Otsuka kami diterima olehIbu Aditya sebagai Customer Relation Officer.Ibu Adit menjelaskan tentang sejarah, proses produksi dan produk yang dihasilkan oleh PT. Amerta Indah Otsuka di ruang auditorium.

Picture9Gambar 1. Foto di Ruang Auditorium PT. Amerta Indah Otsuka

Pocari Sweat merupakan minuman ringan di Jepang, di produksi oleh Otsuka Pharmaceutical Co, Ltd. Awal perjalanan pabrik ini tidaklah mudah, dirintis oleh Akihiko Otsuka sejak tahun 1973 di Tokushima, Jepang. Kemudian produknya mulai berkembang sejak Tahun 1989 pocari sweat kemasan kaleng diluncurkan, dan pada tahun 1990 penetapan kontrak pengemasan (peralatan pabrik).Pabriknya mulai melebarkan sayapnya hingga ke Indonesia, dan pada akhirnya bulan februari tahun 1997 PT. Amerta Indah Otsuka berdiri di Sukabumi – Jawa Barat.Pabrik Pocari Sweat di Indonesia juga tidak kalah pengembangannya, hingga mulai membuat kemasan 15gr yang diluncurkan pada bulan februari tahun 2001. Selanjutnya pada bulan Juni 2006 pocari membuat inovasi lagi dengan membuat kemasan 500 ml. Inovasi lainnya tidak hanya minuman isotonic saja. PT. Amerta Indah Otsuka juga meluncurkan Soyjoy pada September 2007, kemudian bulan Oktober kembali meluncurkan pocari kemasan 350 ml. Animo masyarakat yang semakin banyak suka dengan produk tersebut, maka perusahaan ini mendirikan satu pabrik besar lagi di Kejayan Pasuruan Jawa Timur pada tanggal 26 Mei 2010.
Berdiri di luas tanah 112,480 m2 dan luas bangunan 19,326 m2, Pabrik Kejayan ini mampu menghasilkan PET 350 ml sebanyak 150 Juta botol/tahun. Pabrik Kejayan ini sudah mulai berproduksi dari April 2010. Dengan menggunakan peralatan yang berteknologi canggih serta bahan baku plastik yang lebih ringan serta proses produksi di suhu ruang dalam lingkungan pabrik yang bersih ini akan menghasilkan eco bottle yang ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi karbon ke lingkungan.

 Picture3

Gambar 2. Beberapa jenis pengemasan Pocari Sweat yang ditampilkan

Pabrik Kejayan ini juga dilengkapi dengan ruang perkantoran, sebuah Amphitheater dan koridor tempat dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan Pocari Sweat. Fasilitas Amphitheater ini adalah fasilitas ruang serbaguna di area pabrik yang nantinya akan dibuka bagi masyarakat umum sebagai sarana edukasi tentang Pabrik Kejayan yang memproduksi Pocari Sweat secara canggih dengan teknologi tinggi dari Jepang dan tenaga kerja yang berkualitas sehingga menghasilkan Pocari Sweat sebagai produk minuman yang berkualitas tinggi.

 Picture4

Gambar 3. Pabrik PT Amerta Indah Otsuka di Kejayan, Pasuruan

Picture2Gambar 4. Logo Perusahaan

Logo Perusahaan merupakan sebuah gambaran simbolis dari falsafah perusahaan Otsuka Pharmaceutical mengadopsi huruf huruf ‘O’ dari inisial nama perusahaan sebagai motifnya. Mewakili langit, motif ‘O’ besar di atas berwarna gradasi biru khas Otsuka menandakan “keterbukaan”, “kebebasan”, “kecerdasan”, dan “masa depan”.

Motif ‘O’ kecil berwarna merah khas Otsuka mewakili pusat energi Otsuka Pharmaceutical, yang merupakan sumber dari prinsip-prinsip di atas.
Disusun secara berimbang dengan 2 motif tersebut, nama Otsuka ditulis menggunakan huruf yang jelas dan mudah dibaca. Logo ini menyampaikan komitmen penuh semangat dari Otsuka Pharmaceutical pada kebahagiaan umat manusia melalui kesehatan yang baik.

Setelah di ruang Auditorium dijelaskan tentang profil perusahaan, kemudian teman-teman THP diajak berkeliling melihat proses pembuatan, pengemasan, dan controlling. Adapun tahapan pemprosesan produk adalah sebagai berikut:

1. RESIN
Bijih plastik sebagai bahan pembuatan kemasan *P.E.T, dibawah pengawasan QC yang ketat.
2. INJECTION PREFORM
Resin dipanaskan dan dicetak menjadi preform / calon botol.
3. BLOWING PROSES
Preform ditutup dengan suhu dan tekanan tertentu, dicetak menjadi botol.
4. FILLING PROSES
Pengisian larutan Pocari sweat pada suhu kamar kedalam botol dan di lanjutkan dengan proses capping ( penutupan).
5. LABELING PROSES
Pemberian label pocari sweat pada botol.
6. INSPEKSI
Secara otomatis dengan menggunakan kamera pengawas, untuk memberikan jaminan kualitas yang tinggi.
7. PENGEMASAN
Produk dikemas kedalam karton dan disusun otomatis oleh mesin.
8. UJI KUALITAS
Pengecekan akhir untuk memastikan kualitas yang terbaik sebelum didistribusikan.
9. DISTRIBUSI
Yang telah lulus uji kualitas dapat dikirim ke konsumen.

Setelah selesai berkeliling dan dijelaskan tentang pabriknya, para pengunjung beristirahat dan berfoto-foto. Sebelum pulang kami diberikan goodie bag dari pocari sweat dan menyerahkan kenang-kenangan dari THP untuk PT Amerta Indah Otsuka.

Picture1Gambar 5. Mencoba mesin minuman Pocari Sweat

indexGambar 6. Foto kenanng-kenangan Stulakom di Pabrik Pocari Sweat

Nah, dilanjutkan ke kunjungan industri yang kedua yang tidak kalah seru yaitu Yakult!

2. PT Yakult Indonesia Persada, Mojokerto, Jawa Timur

Do-probiotics-work-in-outer-space-Yakult-launches-mission-to-find-out_strict_xxlGambar 7. Pabrik Yakult Mojokerto

Yakult adalah minuman susu fermentasi, yang dibuat dengan cara memfermentasi susu bubuk skim yang mengandung bakteri asam laktat hidup. Pada tahun 1930, almarhum Dr. Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, telah berhasilmengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang bersifat paling tahan terhadap cairan pencernaan.Di samping itu, Dr. Minoru Shirota juga memperkuatnya sehingga menjadi strain baru yangunggul. Karena itu, berbeda dengan bakteri lain, bakteri ini dapat menaklukkan berbagaihambatan fisiologis seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga dapat mencapai dan bertahan hidup dalam usus manusia.Dari dalam usus bakteri ini membantu meningkatkan kesehatan kita dengan cara mengaktifkansel-sel kekebalan, meningkatkan jumlah bakteri berguna, dan mengurangi jumlah bakteri yangmerugikan.Manfaat meminum Yakult, dengan mengkonsumsi Yakult setiap hari berarti kita memasukkan sekurang-kurangnya 6,5milyar bakteri. L Casei Shirota strain hidup kedalam usus kita.Usus kita memainkan peran yang penting dalam kesehatan kita. Bahkan proses penuaanpundimulai dari usus. Karena itu yang terpenting dalam menjaga kesehatan adalah menjagakesehatan usus.Manfaat Yakult adalah terletak pada bakterinya yang mampu hidup sampai usus kita karena itu bakteri ini dapat memberikan manfaat seperti:

1. Mencegah gangguan pencernaan

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

3. Meningkatkan jumlah bakteri berguna dalam usus

4. Mengurangi racun dalam usus

5. Membatasi jumlah bakteri yang merugikan dalam usus.

Picture5Picture7

Gambar 8. L Casei Shirota straindan minuman Yakult

Picture6Gambar 9. Dr. Minoru Shirota

Berikut tahap tahap pembuatan Yakult:

1. Tangki pelarutan

Bahan-bahan utama yaitu susu bubuk skim dan glukosa dicampur dengan air dan ditampung dalam tangki pelarutan.

2. Tangki pembibitan

Dalam tangki ini bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain disiapkan dan dikembangbiakkan.

3. Tangki fermentasi

Selanjutnya bibit bakteri Lactobacillus Casei Shirota Strain dicampu dengan campuran bahan-bahan di no. 1 diatas dan dimasukkan kedalam tangki fermentasi.

4. Proses homogenizer

Tahap berikutnya dilakukan proses Homogenizer dan diawasi secara ketat.

5. Tangki pencampur

Hasil proses homogenizer tersebut dicampur dengan sirup dari tangki sirup dan disimpan dalam tangki pencampur.

6. Tangki penampung

Kemudian hasil dari proses no. 4 tersebut dicampur dengan air yang sudah di sterilisasi dan ditampung didalam tangki penampung.

7. Mesin pembuat botol

Untuk menjaga higienitas dari Yakult, maka proses pembuatan botol dilakukan sendiri oleh Yakult Indonesia.

8. Mesin pengisian

Selanjutnya minuman Yakult sudah siap diisi ke dalam botol.Di botol tersebut juga dicetak semua informasi yang ada seperti kandungan nutrisi, tanggal kadaluwarsa, dll.

9. Mesin pengepakan

Botol-botol yang sudah terisi untuk selanjutnya dikemas dalam kemasan dimana 1 kemasan ( packing ) terdiri dari 5 botol Yakult.

10. Ruang pendingin

Kemasan yang berisi botol Yakult disimpan dalam ruang pendingin untuk menjamin kualitas dari minuman kesehatan Yakult.

11. Distribusi

Dari ruang pendingin tersebut selanjutnya Yakult siap didistribusikan ke pelanggan melalui sistem penjualan langsung ( Direct Sales ) untuk dikirim ke toko-toko dan supermarket maupun melalui sistem penjualan oleh Ibu-ibu Yakult Lady untuk dikirim ke rumah-rumah setiap hari.

Selain berkunjung ke kedua pabrik ini, teman-teman THP lainnya melanjutkan perjalanan ke kunjungan berikutnya. Jadi tetap pantau cerita STULAKOM berikutnya yaaa 😀

bersambung~

#YM & AR

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *