STRUKTUR ORGANISASI DAN INFOKOM

STRUKTUR ORGANISASI HMPPI dan DIVISI INFOKOM

Pepatah Indonesia mengatakan, “tak kenal, maka tak sayang.” Nah, biar makin sayang dengan HMPPI, yuk, kenalan lebih dalam mengenai HMPPI! Apa aja sih visi, misi, dan tujuan HMPPI? Bagaimana struktur organisasi HMPPI? Langsung simak aja, guys!

HMPPI memiliki visi yakni mendukung terbentuknya mahasiswa yang bergerak dalam bidang pangan dan gizi yang berkualitas dan peduli terhadap kondisi pangan dan gizi demi mencapai kesejahteraan bangsa Indonesia sebagai bagian dari masyarakat dunia. Adapun misi HMPPI ialah meningkatkan kompetensi anggota dalam bidang profesi dan organisasi; mengembangkan jejaring terpadu antara berbagai pemangku kepentingan bidang pangan dan gizi baik nasional maupun internasional; meningkatkan kepedulian serta peran aktif anggota terhadap kondisi pangan dan gizi nasional maupun internasional; dan melestarikan dan mengembangkan sumber pangan dan produk pangan. Selain itu, HMPPI mempunyai tujuan yaitu sebagai wadah mahasiswa yang bergerak dalam bidang pangan dan gizi di Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi, jaringan, dan kepedulian terhadap kondisi, kebijakan pangan dan gizi masyarakat di tingkat nasional dan internasional.

Gambar 1 Struktur Organisasi HMPPI

Gambar diatas merupakan struktur organisasi HMPPI dimana terdapat badan kelengkapan organisasi yang memiliki tugasnya masing – masing. Adapun penjelasan bdan kelengkapan organisasi sebagai berikut:
1. Dewan Pembina (DP)
Dewan Pembina ialah badan yang memberikan pembinaan dan arahan bagi anggota dan badan kelengkapan HMPPI.
2. Badan Pengurus Pusat (BPP)
Badan Pengurus Pusat adalah abdan yang menjalankan mandate rapat Rapat Umum Anggota (RUA) di tingkat nasional untuk mengurus dan memimpin organisasi.
3. Badan Pengawas (BP)
Badan Pengawas ialah badan yang mendampingin serta mengawasi pelaksanaan hasil hasil RUA dan mendampingi serta mengawasi kinerja BPP dan BPR HMPPI dalam menjalankan tugasnya.

4. Badan Pengurus Regional (BPR)
Badan Pengurus Regional adalah badan yang mengkoordinasi anggota HMPPI di tingkat regional yang terdiri dari perwakilan masing – masing komisariat dalam regional dan didipimpin oleh satu coordinator regional.
5. Komisariat
Anggota HMPPI yang merupakan himpunan profesi, himpunan mahasiswa jurusan, dan lembaga kemahasiswaan lainnya di tingkat perguruan tinggi yang bergerak dalam bidang pangan dan gizi.

Selain membahas tentang struktur organisasi HMPPI, kurang afdol rasanya kalau tidak kenalan dengan salah satu divisi di HMPPI. Kali ini, kami mau membahas tentang Divisi INFOKOM? Pada penasaran gak? Penasaran? Wokeh, langsung simak aja, ya!

Divisi yang diketuai oleh Messy Miranti A. ini merupakan divisi yang bertugas sebagai sarana informasi dan jembatan informasi internal maupun informasi eksternal HMPPI. Divisi ini memiliki lima program kerja, diantaranya TOFU (Together for Us) yang bertujuan untuk menjalin kerjasama antar HMPPI dengan pemerintah, organisasi, media atau sponsor; MOCAF (Media of Communication, A Knowlegde, and Friendship) bertugas untuk mengupdate info terkini mengenai kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan oleh HMPPI; PASTEL (Pass and Tell Them) yang bertugas untuk mempublikasi bulletin setiap sebulan dua kali dan artikel setiap tiga bulan sekali; TOPPING (Tell Organization Profile in New Genre) berisi tentang visi, misi, divisi, daftar pengurus HMPPI, anggota komisariat, serta beberapa dokumentasi acara HMPPI. Media ini dibuat dalam format Power Point, Perzi, ataupun MP4 dimana proker ini bertujuan untuk memperkenalkan organisasi HMPPI kepada mahasiswa pangan yang baru memasuki departemen (rekan kerja HMPPI); dan CRIPIC (Creative Picture) merupakan sebuah ajang kompetisi desain dalam rangka memeriahkan hari-hari besar pangan yang belum diketahui dikalangan mahasiswa. Karya yang masuk akan dipajang di website dan diunggah ke media social HMPPI. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan hari – hari pangan nasional maupun internasional kepada khalayak.
Nah, sekarang temen – temen makin tahu bukan mengenai HMPPI? Berarti temen – temen sudah makin sayang dong sama HMPPI? Kalau kalian masih pingin kepoin tentang HMPPI, simak terus, ya, artikel kami selanjutnya!
Sumber: Messy Miranti A., Anggaran Dasar HMPPI 2017-2019, dan Anggaran Rumah Tangga HMPPI 2017-2019

For more infomation:
IG: @HMPPI
Twitter: @HMPPi
Website: www.hmppi.org
Email: hmppipangan@yahoo.co.id

Himalogista 2018
Aksi Harmoni

Written by admin

Leave a Reply