SHOUT! (Share Your Thought) Part 2

Halo THP!

Pada tanggal 7 November 2015 telah diadakan sarasehan yang kedua dengan tema Share Your Thought 2 (SHOUT 2) nih! SHOUT 2 dihadiri oleh mahasiswa, dosen, serta karyawan untuk saling bertukar pikiran dan pendapat. Selain itu juga ditinjau kembali follow up dari SHOUT 1. Berikut adalah hasil follow up dari SHOUT 1 :

1. Dibangunnya mushola dengan luas yang memadai yang berada di lantai 1

2. Disediakannya ruang sidang atau ruang seminar di gedung F lantai 8 untuk mengatasi padatnya jadwal sidang mahasiswa

3. Dibangunnya ruang BKPA yang berfungsi sebagai tempat konseling akademik dan complain mengenai kegiatan akademik dan UKK (Unit Kesehatan Kampus) sebagai tempat pertolongan pertama mahasiswa yang sakit yang terletak di gedung F lantai 1

Karena pembahasan hasil follow up SHOUT 1 udah kita bahas, sekarang kita bakal bahas hasil dari SHOUT 2 😀

  1. Akreditasi internasional dari IFT dapat bermanfaat ketika melamar pekerjaan, karena saat itulah dicantumkan akreditasi jurusan. Dengan adanya akreditasi internasional, maka akan memiliki nilai tambah tersendiri bagi pelamar pekerjaan. Selain itu dapat digunakan juga untuk melanjutkan studi di luar negeri, asal kompetensi mahasiswa tersebut memang mencukupi.
  2. Jika ingin mengikuti kompetisi dan mewakili nama THP, dapat dikonsultasikan dulu ke dosen, kaprodi, maupun kajur, agar dapat dibimbing.
  3. THP bakery sekarang sedang dalam proses perbaikan sistem management. Ke depannya akan ditinjau lagi kemungkinan mahasiswa untuk magang di THP bakery.
  4. Publikasi rincian dana ujian dan PKL akan diusulkan ke pihak fakultas.
  5. Untuk praktik lapangan, ada 2 pilihan, yaitu PKL dan KKN mahasiswa berprestasi. KKN mahasiswa berprestasi ditangani pihak fakultas. Namun demikian, PKL lebih disarankan karena memiliki kompetensi yang lebih tinggi daripada KKN.
  6. Pelaksanaan PKL yang lebih lambat daripada universitas lain membuat mahasiswa sulit mendapatkan tempat untuk PKL. Akan ditinjau saran pembagian dosen pembimbing PKL pada akhir semester 3 dan penyuluhan PKL lebih awal oleh pihak HIMALOGISTA.
  7. Untuk mahasiswa yang ingin tutup loker, silakan tutup loker tanpa mengkhawatirkan biaya karena biaya tutup loker termasuk dalam biaya bebas laboratorium.
  8. Banyaknya alat laboratorium yang rusak, seperti centrifuge dan spektrofotometer dapat mengganggu jalannya penelitian. Oleh karena itu, perlu diadakan pelatihan dan edukasi sebelum menggunakan alat, agar alat tidak mudah rusak.
  9. Kurangnya tempat duduk di area fakultas, sehingga banyak yang duduk di depan gedung F dan menghalangi jalan. Solusinya akan diusulkan ke pihak fakultas untuk dibuatkan tempat duduk yang memadai.
  10. Kotak saran ditangani oleh pihak Jaminan Mutu yang telah memiliki SOP dalam menanggapi setiap saran dan opini yang masuk. Pemaparan opini yang masuk dilakukan dalam forum dosen. Setiap e-complaint yang masuk juga akan ditanggapi sesegera mungkin.
  11. Untuk menangani masalah loker, sebaiknya dilakukan pendataan loker seperti nama, nomor loker, nomor telepon, sehingga laboran memiliki data yang jelas mengenai pengguna loker.
  12. Dosen sudah ada yang menempelkan jadwal di depan pintu ruangannya. Jika masih kesulitan menghubungi dosen tertentu, bisa menghubungi ketua program studi (kaprodi) atau ketua jurusan (kajur). Selain itu sebaiknya buat kesepakatan awal dengan tiap dosen mengenai cara berkomunikasi (via SMS, telepon, WhatsApp, dsb), jangan disamaratakan karena tiap dosen memiliki preferensi masing-masing dalam berkomunikasi dengan mahasiswa.
  13. Semester pendek (SP) merupakan wewenang fakultas. Beberapa mata kuliah SP yang dibatalkan meskipun memenuhi kuota dikarenakan dosen yang mengampu mata kuliah tersebut tidak bisa mengajar saat SP karena alasan yang logis. Selain itu, SP dikenakan biaya karena SP bersifat parsial (tidak wajib untuk semua mahasiswa).
  14. Bioteknologi Industri tetap merupakan minat untuk mahasiswa 2014 ke atas, sehingga dalam pengambilan mata kuliah diharapkan tetap sesuai dengan minatnya. Namun demikian, tetap diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah lain di luar minat Bioteknologi Industri. Sebaiknya dalam pengambilan mata kuliah dikonsultasikan dengan dosen pembimbing masing-masing.

     

    Pesan dari Bapak/Ibu Dosen

Pak Wahono

Mahasiswa harus efisien waktu. Ingat MCK: Murah, Cepat, (ber)Kualitas. Harus punya strategi agar cepat lulus. Selain itu PKL adalah ajang untuk menyumbangkan pengetahuan kepada perusahaan. Jangan sampai mahasiswa hanya meminta ilmu dari perusahaan.

Bu Endrika

Dilarang memalsukan tanda tangan dosen. Jika ketahuan, maka akan diberi sanksi pembatalan mata kuliah selama satu semester (nilai E).

Bu Erni

Mahasiswa harus bisa membagi waktu antara bermain games dan belajar

Pak Kiki

Mahasiswa diharapkan menjaga kebersihan dan membiasakan diri berdoa sebelum memulai kuliah.


1448339041904 1448339009655 1448339040576 1448339037761

Nah demikianlah hasil dari SHOUT 2! Semoga bermanfaat! See you in the next Sarasehan THP! 😀

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *