Sarapan Sehat Untuk Tubuh yang Kuat

Sarapan itu apa sih? Sarapan atau breakfast adalah waktu makan di pagi hari sebelum memulai kegiatan. Namun, banyak orang yang menyepelekan dan melewatkan sarapan karena kegiatan yang banyak sehingga tidak sempat sarapan, tidak punya waktu untuk menyiapkan makanan, atau mungkin bosan dengan menu untuk sarapan yang monoton. Padahal, sarapan sangat penting tidak hanya bagi anak sekolah tapi juga bagi kita mahasiswa, bahkan orang dewasa. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari sarapan bagi tubuh kita.

  • Sumber Energi

Tubuh memerlukan energi yang cukup untuk memulai aktivitas. Selain beristirahat, energi juga dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan terutama karbohidrat. Sarapan dengan makanan bergizi setelah tubuh tidak mendapatkan asupan selama berjam-jam dapat mengembalikan metabolisme tubuh sehingga kadar gula naik yang menyebakan tubuh terasa lebih kuat dan meningkatkan konsentrasi otak sehingga dapat bekerja dengan lebih baik. Makanya, sebelum kuliah atau aktivitas lainnya, jangan lupa sarapan ya rek supaya tubuh tetap sehat!

7

  • Mengontrol Berat Badan

Sarapan di pagi hari dapat memenuhi asupan tubuh setelah berjam-jam kosong sehingga dapat menekan nafsu makan di siang hari. Hal ini menyebabkan porsi makan siang saat terlebih dahulu sarapan lebih sedikit dibandingkan tanpa sarapan sehingga tidak mengubah proporsi berat badan. Jadi, jangan takut untuk sarapan karena tidak akan mempengaruhi dietmu

9

  • Menjaga Mood

Sarapan pagi juga dapat menentukan mood seseorang loh! Orang yang tidak sarapan tidak memiliki metabolisme yang stabil sehingga kerja otak dan tubuh serta produksi hormon juga tidak stabil. Hal ini menyebabkan mood orang yang tidak sarapan menjadi buruk, seperti semakin sensitif dan pemarah dll.

6

  • Kesehatan Jangka Panjang

Selain manfaat-manfaat yang telah disebutkan di atas, manfaat terpenting dari sarapan adalah dapat mendukung kesehatan dan kekuatan tubuh hingga tua sehingga terbebas dari beberapa penyakit seperti tekanan darah tinggi, obesitas, jantung, sampai dengan diabetes. Lebih baik mencegah daripada mengobati, bukan?

Sarapan yang baik adalah sarapan dengan porsi cukup, menu yang sehat, serta waktu yang tepat.  Waktu yang dianjurkan untuk sarapan adalah dari jam 6 pagi hingga jam 9 pagi. Menu makanan yang dikonsumsi saat sarapan harus sehat dan bergizi yang kaya akan karbohidrat, protein, dan serat. Hindari makanan daging berlemak tinggi dan makanan dengan porsi besar saat sarapan karena dapat meningkatkan kolesterol dan berat badan. Untuk kamu yang super sibuk, siapkan sarapan di malam sebelumnya atau siapkan menu yang praktis. Sedangkan, untuk kamu yang cepat bosan, buat menu sarapan yang bervariatif dari berbagai jenis bahan makanan setiap harinya.

Sekarang sudah tahu kan, kalo sarapan tuh penting bagi tubuh? Masih ragu untuk sarapan?  Jadi,sesibuk dan semalas apapun kamu, jangan pernah lupa sarapan ya! Kesehatanmu loh, rek J  Selalu awali setiap pagimu dengan semangat, doa, dan pastinya sarapan yang sehat untuk beraktivitas secara maksimal!

PP’15/16

#AR

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *