Rapat Besar Pengurus Himalogista 14/15

Hari Sabtu dan MInggu (21-22) November 2015, semua pengurus Himalogista mengikuti acara Rapat Besar Pengurus di Villa Panda 3, Songgoriti-Batu. Kita intip yuk keseruannya!

—————————————————————————————————————-

Hari Sabtu, semua peserta kumpul terlebih dahulu di gedung Pasca Sarjana FTP UB untuk bersiap-siap berangkat. Begitu semua peserta berkumpul, langsung berangkat menuju lokasi. Berangkatnya ramai-ramai menggunakan motor. Sesampainya di Villa, tidak serta merta langsung rapat melainkan shalat Ashar dan beristirahat sebentar.

Rapat dimulai pada pukul 15.20 dengan Ketua Himalogista, Arif Prasetyo, membuka rapat dan menyampaikan program-program kerja bersama Himalogista. Program-program kerja bersama di antaranya adalah Himalogista Anniversary, Rapat Umum Anggota Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesi (RUA-HMPPI), Sahur on The Road, Buka Bersama, dan Himalogista Great Event. Antusiasme peserta terlihat sangat tinggi, banyak pertanyaan dan masukan mengenai program-program kerja tersebut.

Pukul 16.45 dilanjutkan dengan pemaparan program kerja oleh Biro Kesekretariatan dan Keuangan. Biro memaparkan mengenai kondisi keuangan Himalogista, Note’s day, Majalah Dinding, Surat-menyurat, dan kelengkapan peralatan ruang Himpunan. Seusai Biro, adzan Maghrib berkumandang mengajak untuk shalat. Rapat diberhentikan sejenak untuk shalat Maghrib berjamaah.

Pukul 18.40 Divisi Kewirausahaan (Divisi KWU) menjelaskan program kerjanya selama periode 2014-2015. Di antaranya adalah Pelatihan Produk dan Kunjungan Industri di UKM sekitar Malang (KUD Susu Batu dan Vigour Chips), Pameran Produk, dan Himalogista Store. Saran yang dikemukakan oleh peserta antara lain mengenai PDH, keberlanjutan produk, dan kunjungan industry.

Pukul 19.34, Divisi Peduli Pangan atau yang biasa disingkat PP menerangkan apa saja program kerja yang telah dilakukan. Di antaranya adalah Sosialisasi Food Bowl Quiz, Sosialisasi HMPPI, Himalogista Mengabdi 1, dan Himalogista Mengabdi 2.

Divisi Pendidikan dan Penalaran (Divisi Diklar)menjelaskan keberhasilan program kerjanya. Program kerjanya antara lain adalah Study Club, Kelas Inspirasi, Study Club, Himalogista Preparation-bersamaan dengan RUA HMPPI.

DIvisi Kaderisasi dan Organisasi (Divis KO) mulai menjelaskan capaian program kerjanya pukul 21.05. Program kerjanya antara lain adalah Open Recruitment, Gathering, Rapat Kerja Pengurus, Diklat, Leadership Session, Rapat Tengah Pengurus, OPJH, Rapat Besar Pengurus, Rapat Umum Mahasiswa Jurusan, Pilkahim. Walaupun tampak mengantuk, peserta maish antusias bertanya dan memberi masukan untuk masa depan divisi ini.

DIvisi Strategi Komunikasi dan Informasi (Divisi Strakominfo) mulai menyampaikan apa-apa saja program kerjanya pukul 22.05. Program kerjanya adalah Sarasehan 1, Penerimaan kunjungan dari UPN, Penerimaan kunjungan dari Udayana, Media sosial, Stulakom, Open House, Serasehan 2, dan Database angkatan.

Rapat pun selesai pada jam 23.00. Peserta dan bubar. Ada yang tadi tampak mengantuk saat rapat menjadi segar dan ada pula yang tadi mengantuk saat rapat tetap mengantuk seusai rapat. Peserta pun dibebaskan melakukan aktivitas. Ada beberapa yang keluar untuk jalan-jalan, ada yang langsung tidur, ada yang berbincang-bincang, dan ada pula yang bermain PES.

Esok harinya, pukul 04.00 peserta dibangunkan untuk shalat Shubuh, semua peserta mandi dan membersihkan diri. Brrr dingin. Udara pagi di Batu sangat dingin pagi ini. Pukul 07.00, Leadership Session dimulai. Pemberi materi pada sesi kali ini adalah Mas Ainul Yaqin, Mbak Dininurilmi, dan Mbak Nikita. Semuanya dari divisi Kaderisasi dan Organisasi. Materi yang disampaikan Mas Yaqin adalah mengenai siding dan ketentuannya mengingat tanggal 28-29 Novembera akan diadakan sidang RUMJ yang mengundang seluruh mahasiswa THP. Mbak Niki dan Mbak Dini bergantian menerangkan mengenai perencanaan keorganisasian.

Acara berikutnya adalah bermain games!! Semua peserta kecuali Pengurus Harian dibagi menjadi beberapa kelompok kecil yang terdiri atas 7-8 orang. Mereka disuruh membuat himpunan/organisasi yang memiliki tujuan, visi, misi, streng, weakness, opportunity, dan threat. Ada yang membentuk Himpunan Mahasiswa Relawan Mako, ada yang membentuk Himpunan Mahasiswa Biotek dan Industri (ini cuma bercanda lo), dan lainnya. Semua himpunan menyampaikan tujuan, visi-misi, kadiv, ketua, dan SWOT.

Yang paling ditunggu-tunggu nih! Penampilan divisi!! Masing-masing divisi adu bakat, bebas, boleh menyanyi, menari, masak, ataupun video. Divisi Diklar dan Biro Keuangan dan Kesekretariatan tidak dapat menampilkan videonya dikarenakan ada gangguan teknis. Divisi Strakominfo unjuk gigi dengan ‘paduan suara’nya menyanyikan lagu milik Train yang berjudul ‘Hey Soul Sister’ tentu saja dengan mengganti beberapa lirik. Divisi PP membuat es buah batok melon, yaitu es buah yang disajikan dengan kulit melon. Euh sedapnya! Divis KWU memasak roti panggang dengan topping ala pizza. Seusai divisi KWU memasak, semua peserta berlomba mendapatkan potongan roti tersebut. Hmm. Enak-enak. Divisi KO yang paling nyebelin nih, mereka hanya berseru ‘This is KO’ sembari menunjukkan villa (panitia RBP memang berasal dari divisi KO) dan meneriakkan jargon khas mereka “SAMBLEK!”

Rangkaian Rapat Besar Pengurus pun selesai. Semuanya bersiap-siap pulang dan membersihkan villa supaya villanya kinclong lagi. Peserta pun pulang ke rumah masing-masing.
Gimana seru kan Rapat Besar Pengurus tahun 2015?

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *