Laboratorium

Jurusan Teknologi Hasil Pertanian memiliki empat laboratorium penunjang kegiatan belajar mengajar bagi mahasiswa Program Sarjana (S1) dan PascaSarjana (S2). Keempat laboratorium tersebut adalah Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan, Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Pangan, Laboratorium Mikrobiologi Pangan dan Laboratorium Nutrisi Pangan:

1. Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan

Laboratorium Kimia dan Biokimia Pangan mengembangkan ilmu yang berkaitan dengan aspek-aspek kimiawi seperti analisis kimiawi, fisiologi dan teknologi pasca panen, bahan tambahan makanan (food aditive), kimia dan biokimia pangan terapan, termasuk pula pengujian mutu pangan dan hasil pertanian lainnya ditinjau dari aspek kimia.

Peralatan yang dimiliki:

Aw Meter, color reader, Digestion unit, Distillation unit (Kjeldahl), Electrophoresis cell, Filter adapter, Flame Foto meter, Freeze dryer, Gas Chromatography, Hand Refraktometer, Heating Mantle, manomeric BOD, Muffle, Oxygen meter, pendingin balik, penetometer,RH meter, Rotary evaporator, Sentrifuse dingin, Shaker, Spectronic 20, Spektofotometer serapan atom (SSA atau AAS), Spektrofotometer UV-Vis, Tensile Strength instrument

Mata Kuliah yang diampu :

Kimia Pangan, Biokimia Pangan, Analisis Pangan, Enzimologi, Sifat Fisikokimia Pangan, Bahan Tambahan Pangan dan Toksikologi, Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen

2. Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Proses Pangan

Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Proses Pangan yang terdapat di jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya diketuai oleh Fithri Choirun Nisa STP. MP. Laboratorium ini berkaitan dengan substansi ilmu pengolahan dan rekayasa seperti perancangan peralatan pengolahan, pengembangan produk baru, pengemasan dan penyimpanan, rheologi dan teknologi pengawetan.

Matakuliah minat Teknologi Pengolahan Pangan yang ditawarkan adalah : Keteknikan Pengolahan Pangan, Teknologi Pengolahan Hewani, Teknologi Pengolahan Nabati I, Fisiologi dan Teknologi Pasca Panen, Dasar Analisis Instrumental, Teknologi Pengolahan Nabati II, serta Alat dan Mesin Pengolahan.

Untuk mendukung proses kegiatan penelitian, Laboratorium Pengolahan dan Rekayasa Proses Pangan telah dilengkapi dengan beberapa alat laboratorium diantaranya : Drying cabinet, drying cabinet automatic, vacuum fryer, mesin pemarut, centrifuge, vacuum dryer, extruder, tensil strength, color reader, dan lain-lain.

3. Laboratorium Mikrobiologi Pangan

Laboratorium Mikrobiologi Pangan  jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) Unibraw dengan ketua Laboratorium adalah ibu Ella Saparianti, STP, MP.  Lab. Mikrobiologi Pangan selain ruang laboratorium juga terdapat ruang sterilisasi dan ruang isolasi baik untuk bakteri maupun kapang yang digunakan baik untuk penelitian maupun praktikum.

Laboratorium ini dilengkapi dengan peralatan seperti autoclave manual, incubator, microscope kamera, sentrifuse dingin, DNA elektroforesis, protein elektroforesis, UV transluminator, gel documentation, fermentor, cooling incubator. Terdapat 2 (dua) buah ruang laboratorium mikrobiologi pangan di jurusan THP yang pertama adalah untuk mahasiswa tingkat S-1 dan yang kedua untuk mahasiswa pascasarjana (Magister dan Doktoral). Laboratorium ini dilengkapi juga dengan AC dan suasana yang nyaman dan bersih sehingga mahasiswa dapat  nyaman dalam bekerja di laboratorium.

Mata kuliah yang diampu : Mikrobiologi Pangan, Praktikum Mikrobiologi Pangan, Sanitasi dan Keamanan Pangan, Teknologi Fermentasi, Pangan Fermentasi, Bioteknologi Pangan.

4. Laboratorium Nutrisi Pangan

Nutrisi pangan merupakan komponen yang penting bagi kesehatan manusia. Nutrisi yang buruk dapat menyebabkan penurunan fungsi beberapa sistem organ dalam tubuh. Mengingat pentingnya peranan nutrisi dalam kehidupan manusia maka diperlukan adanya penelitian berkesinambungan yang memfokuskan pada bidang nutrisi pangan. Oleh karena itu Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Brawijaya Malang mendirikan Laboratorium Nutrisi Pangan yang saat ini diketuai oleh Dr. Ir. Yunianta, DEA. Laboratorium ini mempunyai cakupan substansi keilmuan yang berkaitan dengan nutrisi dan gizi pangan seperti bioavailabilitas nutrisi, bioassay, gizi masyarakat dan pangan fungsional.

Mata kuliah minat Nutrisi Pangan yang ditawarkan adalah : Evaluasi Gizi Pangan Lanjut, Suplemen dan Pangan Fungsional, Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Topik Khusus Gizi Pangan, Penyuluhan dan Konsultasi Gizi Pangan, Fisiologi Manusia, dan Sistem Manajemen Pelayanan Pangan.

Untuk mendukung proses kegiatan penelitian, Laboratorium Nutrisi Pangan dan Hasil Pertanian telah dilengkapi dengan beberapa alat laboratorium diantaranya : shaker waterbath, spectrophotometer, oven listrik, sentrifuge dingin, kandang tikus percobaan, vortex mixer, refrigerator, peralatan bedah, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *