[PRESS RELEASE SACHETAN 1 2019]

PRESS RELEASE: SACHETAN 1 2019

Lingkar Angkatan dan Sarasehan merupakan dua kegiatan dalam  rangkaian SACHETAN yang memegang peran penting sehubungan dengan dunia perkuliahan bagi masyarakat THP. Lingkar angkatan berlangsung di halaman depan gedung Filkom UB pada tanggal 22 April 2019 pada pukul 20.30 hingga selesai. Acara ini dihadiri oleh perwakilan angkatan aktif serta pengurus harian Himalogista sebanyak 39 orang. Susunan acara Lingkar Angkatan ini antara lain pembukaan oleh moderator, kata sambutan dari ketua pelaksana dan ketua himpunan, dilanjutkan dengan acara inti yaitu sesi tanya jawab serta diskusi antar perwakilan angkatan. Topik yang dibahas seputar praktikum tulis tangan, dispensasi praktikum, berkurangnya jumlah pendaftar Oprec, serta arak-arakan THP.

Bahasan pertama dibuka oleh perwakilan angkatan 2017  yaitu praktikum tulis tangan yang dirasa memberatkan praktikan dan banyak format serta pengulangan soal yang dirasa kurang efisien sehingga terdapat kesimpulan bahwa pihak mahasiswa meminta adanya penyederhanaan format laporan tulis tangan. Bahasan kedua masih dibuka oleh perwakilan angkatan 2017 mengenai dispensasi praktikum baik proses maupun mekanisme yang dirasa sulit. Kurang adanya standarisasi SOP mengenai tahapan dispensasi yang jelas, sehingga terdapat kesimpulan bahwa pihak asisten praktikum harus memiliki pandangan tersendiri mengenai jalannya praktikum beserta peraturan-peraturan yang ada didalamnya agar tidak terjadi kesimpangan. Bahasan ketiga membahas mengenai jumlah pendatar Open Recruitment (Oprec) yang semakin menurun, topik ini menjadi keresahan untuk angkatan, terutama angkatan 2017 dan faktor utama dari topik ini diduga karena masih banyak calon peserta Oprec yang belum mengetahui pelajaran apa yang akan didapatkan setelah mengikuti proses dari suatu kepanitiaan. Terdapat kesimpulan bahwa hal ini mungkin dapat diatasi dengan cara lebih memperjelas gambaran mengenai manfaat mengikuti suatu kepanitiaan menurut pengalaman pribadi dari orang yang telah berpengalaman mengikuti kepanitiaan tersebut dan lebih menghidupkan ajakan bahwa seseorang memiliki pilihan, budayakan sharing dan bertukar pikiran, serta memiliki inisiatif untuk membangun suasana kekeluargaan. Topik bahasan terakhir dibuka oleh angkatan 2015 dan 2017 mengenai arak-arakan yang semakin sepi, terdapat saran dari salah satu pihak angkatan untuk melanjutkan dan meningkatkan komitmen awal mengenai arak-arakan dengan cara memperbaiki teknis dan dibentuk korlap tiap angkatan untuk acara arak-arakan ini, serta dijaga konsistensi dan kesadaran yang bisa dimulai dari pengurus himpunan kepada masyarakat THP tentang seberapa sakralnya acara arak-arakan. Terdapat pula usulan saran untuk mengajak massa dengan cara branding acara arak-arakan menggunakan media social dengan menyertakan video, serta pengadaan giant flag.

Akhir kata diharapkan apa yang dibahas pada Lingkar Angkatan tidak hanya berhenti menjadi bahasan namun dapat diterapkan untuk keberlangsungan THP kedepannya.

 

Sarasehan merupakan suatu forum lanjutan mengenai topik bahasan hasil diskusi Lingkar Angkatan yang dan aspirasi tambahan yang diajukan oleh  pihak mahasiswa kepada pihak jurusan secara langsung. Sarasehan dilaksanakan pada tanggal 24 April 2019 bertempat di Lobby Kanan Gedung F FTP UB dimulai pukul 11.00. Sebanyak  75 mahasiswa dan 22 dosen yang hadir dalam forum ini. Topik bahasan yang dibahas adalah pengaruh kompre terhadap lulusan, kemungkinan diadakannya kompre untuk program studi bioteknologi, banyaknya mata kuliah yang mirip  dengan mata kuliah tertentu, dan  pemberian informasi tentang PKL. Selain itu juga terdapat saran dari pihak dosen kepada mahasiswa untuk dapat membangun suasana belajar yang baik dan responsive sehingga tidak mengganggu kelas lain yang sedang berlangsung, serta lebih menjaga etika serta kedisiplinan dalam mengikuti pelajaran. Pada sesi penyampaian aspirasi, dari salah satu mahasiswa angkatan 2016 menyampaikan mengenai privilege kelas  bahasa inggris serta ada atau tidaknya pelatihan bahasa inggris, pihak dosen menyampaikan bahwa terdapat surat keterangan dari faultas yang menyatakan mahasiswa tersebut selama ini mengikuti kelas bahasa inggris, adapula sertifikat  dan ijazah. Selain itu juga terdapat unit layanan bahasa inggris dimana mahasiswa bias mendapatkan pelatihan bahasa Inggris. Penyampaian aspirasi kedua dari salah satu mahasiswa angkatan 2017 mengenai usulan praktikum dan shift praktikum, pihak dosen memaparkan bahwa soal pada laporan sudah disederhanakan dan mengenai shift praktikum, hal ini akan menjadi masukan dan akan diperbaiki di semester depan.

 

Himalogista 2019
Interaktif Progresif

Written by admin

Leave a Reply