[PRESS RELASE: KAJIAN AKBAR KROKET (KAJIAN EDUKATIF ROAD TO ZERO HUNGER)]

Zero Hunger

Pada kajian akbar KROKET (Kajian Edukatif Road to Zero Hunger), terdapat beberapa poin yang dibahas, yaitu apa itu zero hunger dan upaya untuk mencapainya salah satunya dengan diversifikasi pangan menggunakan ubi ungu. Zero hunger merupakan salah satu dari Sustainable Development Goals yang menempati urutan kedua. Berkaitan dengan hal tersebut perlu adanya upaya-upaya untuk mencapai zero hunger diantaranya mengurangi food waste dan diversifikasi pangan.

Diversifikasi pangan merupakan salah satu upaya agar masyarakat tidak terpaku pada satu jenis makanan saja, dan terdorong untuk mengonsumsi jenis makanan lain sebagai pengganti makanan pokok. Salah satu bahan makanan yang dapat dijadikan diversifikasi pangan adalah ubi ungu. Ubi ungu memiliki aktivitas antioksidan yang tinggi, serta memiliki keunggulan antosianin yang tinggi dan rendah kalori. Anti-nutrisi di ubi ungu, tidak berpengaruh banyak, kecuali yang membuat alergi, sehingga masih aman untuk dikonsumsi. Ubi ungu dapat diolah menjadi beragam produk olahan seperti tepung, keripik, snack, dsb.

Di Indonesia produktivitas ubi ungu cukup berpotensi seperti pada daerah Bandung, Jawa Barat. Akan tetapi untuk meningkatkan produktivitas ubi ungu dibutuhkan intensifikasi, perluasan area tanam, peningkatan managemen, pengamanan, serta edukasi kepada masyarakat. Dalam upaya meningkatkan zero hunger juga bisa dilakukan dengan mensubstitusi pangan kita setiap hari yaitu dengan pada pagi hari memakan nasi, lalu siang memakan makanan pokok lainnya seperti ubi ungu.

Diversifikasi pangan bukan untuk menghilangkan beras tapi untuk meminimalisir penggunaan beras. Karena faktor budaya sangat sulit untuk diubah, perlu upaya yang besar dalam mengubah mindset masyarakat, terutama oleh pihak-pihak akademika dan pemerintah. Dari kita sendiri dapat mulai membudayakan makan makanan dari petani indonesia seperti ubi agar komoditas tetap terjaga. Pemerintah juga memegang peran penting untuk penguatan zero hunger melalui kebijakan-kebijakan sehingga Indonesia dapat mencapai ketahanan pangan dengan pemanfaatan sumber daya lokal secara optimal.

Written by admin

Leave a Reply