Pengangkatan Produk Pangan Lokal (P3L) 2013 Himalogista disambut Antusias oleh Warga Sukoanyar

(12/05/2013)

Pengangkatan Produk Pangan Lokal (P3L) 2013 kali ini merupakan tahun ke 3 yang diselenggarakan oleh Himalogista berkerjasama dengan warga desa Sukoanyar, Kec. Pakis, Kab. Malang. Tema P3L tahun ini adalah Meningkatkan Kualitas Produk Pangan Lokal sebagai Upaya Pengaplikasian Ilmu Pangan dan Pengabdian Masyarakat. Pemateri P3L ini adalah Ir. Wahono Hadi Susanto.MS., salah satu dosen mata kuliah Manajemen Bisnis Pangan di THP sekaligus pengusaha salah satu sirup herbal. Dalam kesempatan tersebut pak wahono menyampaikan tips-tips dalam bisnis bidang pangan. Modal yang perlu dikembangkan diantaranya adalah teknologi, pemasaran, dan SDM yang mumpuni. Beliau juga berpesan bahwa dalam memulai suatu bisnis diperlukan satunya niat, keberanian, dan ilmu yang dimasukan kehati dan diwujudkan dalam realita. Dibarengi dengan tekad mewujudkan mimpi yang besar. Satu pesan penting yang beliau sampaikan adalah jangan takut gagal dan teruslah berdoa. Para warga antusias mendengarkan motivasi yang disampaikan pak Wahono. Beberapa warga juga aktif bertanya menanggapi yang sudah disampaikan oleh pak Wahono. Tujuan P3L kali ini memang lebih diarahkan untuk memotivasi warga desa agar mau bergerak mewujudkan usaha berbasis produk pangan lokal desa Sukoanyar. P3L tahun ini menyambung serangkaian acara P3L tahun lalu. Tahun lalu P3L diarahkan untuk mengajarkan masyarakat desa mengolah bahan dasar yang mereka miliki untuk dijadikan produk yang lebih bernilai jual tinggi.

Potensi komoditi hasil pertaian desa Sukoanyar antara lain tebu, padi, dan ubi jalar. Dalam P3L tahun lalu masyarakat di bina untuk membuat tepung ubi jalar, mie ubi jalar, dan brownies ubi jalar.

brownies p3l

mie

mie p3l
(Doc. P3L 2012)

Beberapa warga sudah mewujudkan pelatihan yang dilakukan dengan membuat beberapa produk. Ada yang mencoba membuat tepung dan kripik dari ubi jalar. Ibu lurah juga sempat mencoba membuat mie dari ubi jalar. Tetapi semua usaha ini masih menemui beberapa kendala. Menanggapi kendala dan antusiasme warga desa ini, pihak Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, yang telah di sanggupi oleh pak Wahono akan memberikan kesempatan pelatihan khusus kepada 5 warga desa untuk belajar dan terjun praktik langsung di laboratorium FPTC (Food Production and Training Center) Jurusan Teknologi Hasil Pertanian UB. Tanggapan positif dari kedua pihak ini semoga terus berlanjut dan memberikan manfaat yang besar satu sama lain di kemudian hari. Terimakasih kepada seluruh warga desa Sukoanyar atas partisipasinya. Kami sangat senang bermitra dengan warga. Terimaksih banyak pula kepada pak Usman, kepala desa Sukoanyar yang turut banyak membantu dan bersemangat dengan acara ini.

pak wahono

ASK DSCF3811

warga

(EL)

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *