OPJH THP 2017

OPJH merupakan suatu rangkaian kegiatan untuk pengenalan jurusan dan himpunan serta untuk menyambut mahasiswa baru THP 2017. Selain itu, kegiatan ini juga memberikan pembekalan mengenai kehidupan perkuliahan kepada mahasiswa baru THP 2017. Tema dalam OPJH 2017 kali ini adalah menanamkan karakter mahasiswa baru THP 2017 yang peduli, disiplin, adaptif serta berkontributif terhadap jurusan dan himpunan. Keempat nilai-nilai tersebut akan ditekankan dan ditanamkan pada mahasiswa baru THP 2017 dalam kegiatan OPJH ini. Terdapat beberapa rangkaian acara dalam kegiatan Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan 2017 antara lain yaitu, OPJH 2017, STULAIN (Study Lapangan Internal), CMP, Inaugurasi, dan pendampingan setiap minggunya selama 7 minggu.

OPJH hari pertama dilaksanakan pada hari Senin, 21 Agustus 2017 di gedung Samantha Krida. Kegiatan ini diikuti oleh 192 mahasiswa baru THP 2017. Pada kegiatan ini berisikan penyampaian berbagai materi, antara lain yaitu materi Sejarah THP yang disampaikan oleh dosen THP, materi Himpunan yang disampaikan oleh Pengurus Harian Himalogista, materi Etika dan Kepribadian yang disampaikan oleh Hasna Nadhiroh, materi Food Production and Training Center (FPTC) yang disampaikan oleh Jaya Mahar Maligan, STP. MP. Selain penyampaian materi, dalam kegiatan ini juga terdapat games edukasi. Games ini bertujuan agar mahasiswa baru THP 2017 dapat menumbuhkan kepekaan sosial, melatih sikap proaktif terhadap permasalahan di lingkungan sekitar, menumbuhkan sikap kontributif, dan juga melatih mahasiswa untuk berpikir cepat.

1

2

STULAIN merupakan kegiatan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada mahasiswa baru THP 2017 mengenai ruangan-ruangan yang berhubungan dengan jurusan THP seperti ruang ketua jurusan, ruang dosen, laboratorium, dan ruangan lainnya. Tujuan lainnya yaitu agar mahasiswa baru THP 2017 mengetahui gambaran dari kegiatan perkuliahan yang akan mereka jalani. Selain itu, dalam kegiatan STULAIN ini mahasiswa baru THP 2017 juga mendapat materi mengenai kepenulisan dan prospek kerja THP.

4

CMP merupakan salah satu dari kegiatan OPJH yang bertujuan untuk melatih mahasiswa baru untuk berfikir secara kritis terhadap suatu permasalahan dan menuangkan ke dalam karya tulis dengan ide yang inovatif dan aplikatif dalam kehidupan masyarakat. Mahasiswa baru akan membentuk sebuah kelompok kecil yang nantinya juga akan mendapatkan bimbingan dalam pembuatan karya tulis ilmiahnya.

PPAP merupakan kegiatan pendampingan terhadap mahasiswa baru THP 2017 oleh divisi pendamping yang diadakan setiap minggu selama 7 minggu. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai pada tema OPJH yaitu peduli, adaptif, disiplin, dan kontributif pada mahasiswa baru THP 2017. Selain itu, dalam 7 kali pendampingan dihadirkan Guest Star sebanyak 3 kali. Hal ini dilakukan untuk memberikan wawasan lebih kepada mahasiswa baru THP 2017.

7

Inaugurasi merupakan kegiatan terakhir dari OPJH 2017. Kegiatan ini berisi beberapa games dan pengenalan ketua tingkat dari setiap angkatan, yaitu angkatan 2013, 2014, 2015, 2016 dan 2017. Selain itu juga diisi dengan penampilan oleh mahasiswa baru THP 2017. Di akhir acara dilanjutkan dengan pengukuhan mahasiswa baru THP 2017 dan ditutup dengan video after movie dan penyambutan mahasiswa baru THP 2017.

5

 

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *