OPEN RECRUITMENT STEERING COMMITTEE OPJH 2020

Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan

Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan (OPJH) merupakan kegiatan penyambutan dan pengenalan mahasiswa baru Teknologi Hasil Pertanian (THP) terhadap jurusan dan himpunan. Kegiatan ini juga sebagai pembekalan bagi mahasiswa baru untuk mengetahui seluruh elemen di jurusan THP yang diperlukan selama perkuliahan serta penanaman karakter dasar untuk menunjang potensi mahasiswa baru. OPJH melibatkan Jurusan, Himpunan, dan civitas academica THP.
Mahasiswa baru yang memasuki perguruan tinggi akan mengalami perubahan proses pembelajaran dari jenjang pendidikan sebelumnya. Perubahan tersebut dapat dilihat dari proses pembelajaran yang awalnya guru sebagai pusat pembelajaran (teacher center learned) menjadi mahasiswa sebagai pusat pembelajaran (student center learned). Mahasiswa baru dituntut untuk lebih aktif dan mampu beradaptasi serta mampu meningkatkan kepeduliannya dengan lingkungan barunya di THP. Adanya tuntutan tersebut, menjadikan OPJH sebagai langkah awal yang dapat dimanfaatkan untuk membekali mahasiswa baru dengan kebutuhan yang diperlukan.
OPJH menjadi wadah kaderisasi awal bagi mahasiswa baru untuk menjadi mahasiswa yang diharapkan memiliki sikap adaptif dan aktif untuk meningkatkan kepedulian mahasiswa baru THP 2020. Melalui harapan tersebut, mahasiswa baru dapat menjaga nama baik almamater, khususnya Jurusan Teknologi Hasil Pertanian. Hal tersebut dapat dicapai secara maksimal dengan melibatkan seluruh komponen dalam Jurusan dan Himpunan.
Dalam pelaksanaan OPJH, diperlukan sosok untuk melakukan manajemen sumber daya manusia (SDM) dan pengaturan penyelenggaraan acara yang baik sehingga dapat tercapai tujuan OPJH. Sosok dalam hal ini ialah Steering Committee (SC) yang bertugas untuk merancang dan mengontrol jalannya kegiatan OPJH. SC dipilih melalui open recruitment dengan harapan dapat diperoleh SC yang berkompeten dalam menjalankan tugasnya.

Tujuan OPJH
– Pengenalan dan pengakraban
Pengenalan dan pengakraban mahasiswa baru THP terhadap Himalogista dan civitas academica THP.
– Pembekalan dari segi akademis
Pembekalan mahasiswa baru THP dari segi akademis yang meliputi komponen perkuliahan dan keterampilan mahasiswa baru THP dalam menghadapi dunia perkuliahan (khususnya keilmuan THP).
– Penanaman karakter dasar
Penanaman karakter dasar secara bertahap kepada mahasiswa baru THP untuk memperkuat kesiapan dalam menghadapi dunia perkuliahan.

Peran Strategis OPJH
1.OPJH dengan Jurusan
OPJH menjadi wadah untuk memperkenalkan mahasiswa baru terhadap jurusan. Kegiatan tersebut juga memberi pembekalan pada mahasiswa baru mengenai komponen – komponen akademik yang diperlukan selama perkuliahan. Selain itu, OPJH mampu menjadi wadah penanaman karakter dasar yang menunjang dunia perkuliahan. Kegiatan OPJH juga dapat mengarahkan mahasiswa baru sesuai dengan visi, misi dan tujuan jurusan serta memunculkan kader-kader berkualitas untuk membanggakan nama jurusan THP.

2.OPJH dengan Himpunan
OPJH menjadi wadah untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada himpunan. Selain itu, OPJH berperan dalam mengembangkan potensi diri mahasiswa baru yang diharapkan mampu melanjutkan tongkat estafet kepengurusan himpunan.

1.OPJH dengan komponen THP
– OPJH dengan Dosen
OPJH dapat menjadi wadah untuk memperkenalkan mahasiswa baru kepada dosen THP, yang merupakan pengajar dan pembimbing selama perkuliahan. OPJH dapat membantu dosen untuk mengenali dan mengetahui karakter mahasiswa baru sehingga dapat menjadi pertimbangan dalam menyusun metode pembelajaran di perkuliahan.
– OPJH dengan Alumni
OPJH menjadi media awal untuk mengenalkan dan mempererat hubungan mahasiswa baru dengan alumni THP. Hubungan erat tersebut diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa baru agar terbuka wawasannya mengenai kehidupan mahasiswa THP setelah masa perkuliahan serta prospek kerja lulusan THP.
– OPJH dengan Mahasiswa THP
OPJH menjadi salah satu tempat mahasiswa THP berkumpul untuk saling mengenal dan mengakrabkan diri dengan keluarga barunya. Mahasiswa THP juga dapat mengenalkan nilai-nilai dan kultur yang terdapat di THP kepada mahasiswa baru, khususnya rasa kebersamaan dan kekeluargaan yang selalu dijaga.

Persyaratan SC OPJH 2020 :
1.Pernah menjadi panitia pelaksana OPJH
2.Merupakan mahasiswa aktif angkatan 2018
3.Melengkapi dan mengumpulkan berkas administrasi sebagai berikut :
– Mengisi formulir SC OPJH 2020 : FORMULIR SC OPJH
– Membuat konsep OPJH 2020 yang diketik dalam lembar A4 font Arial 11 margin 3333 spasi 1,15 maksimal 2 halaman diberi nama
– Membuat essay  tentang “Mengapa Saya Tidak Harus Ikut OPJH” yang diketik dalam lembar A4 font Arial 11 margin 3333 spasi 1,15 maksimal 2 halaman diberi nama
4.Mengikuti seluruh rangkaian screening SC OPJH 2020
Tahap Seleksi SC OPJH 2019 :
1.Seleksi Administrasi
Seleksi kelengkapan berkas dari Bakal Calon SC OPJH 2020
2.Screening I
Pemaparan konsep yang telah dibuat kepada tim penilai
3.Screening II
Pengujian kredibilitas dan integritas Bakal Calon SC OPJH 2020

Pengumpulan Berkas :

1.Semua berkas pendaftaran dimasukkan ke folder yang berjudul “Nama Calon SC OPJH 2020” (Fika Amalia Calon SC OPJH 2020) dan dikirimkan ke e-mail yang akan diberitahu oleh contact person

2.Isi berkas dalam folder:

– Formulir
– Konsep OPJH 2020
– Esai

Pengumpulan berkas tanggal 14- 16 April 2020 dengan langsung menghubungi Ella (081216792020/ id line :ella2698) dan alamat e-mail akan diberitahukan melalui personal chat.

Written by admin

Leave a Reply