Open Recruitment SC OPJH 2014

OPJH (Orientasi Perkenalan Jurusan dan Himpunan) adalah salah satu cara untuk penanaman konsep dasar mahasiswa ideal. Perguruan Tinggi terdapat perbedaan mendasar dengan jenjang pendidikan sebelumnya. Di Perguruan tinggi, dituntut untuk mandiri, ilmiah dan inisiatif dalam belajar.

Perbedaan proses pembelajaran antara Perguruan Tinggi dan Sekolah Menengah Atas ini, sejak dini harus diperkenalkan kepada mahasiswa baru, perbedaan tersebut dari pusat pembelajaran dari guru (teacher center learned) ke pusat pembelajaran dari mahasiswa mandiri (student center learned). Perbedaan tersebut tentunya memerlukan adaptasi terhadap lingkungan dan budaya baru yang ditempatinya, termasuk perbedaan lingkungan sosial antara desa dan kota, antara kota kecil dan kota besar, antara pesantren dan umum.

Oleh karena itu kami Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian (HIMALOGISTA) FTP-UB bermaksud untuk menyelenggarakan kegiatan Orientasi Pengenalan Jurusan dan Himpunan bagi mahasiswa baru. Dengan tujuan untuk melihat, mendalami dan mengembangkan potensi–potensi yang ada dalam diri mereka untuk dijadikan sebagai kekuatan mahasiswa untuk menjalankan peran mahasiswa sebagai agent of change dan juga mengenal lingkungan beserta komponen di dalamnya sebagai penunjang perjuangannya sebagai mahasiswa.

Betapa pentingnya peran OPJH yang merupakan acara tahunan untuk penyambutan dan pembekalan Mahasiswa Baru (MABA) sebagai kaderisasi awal di Teknologi Hasil Pertanian (THP) diperlukan manajemen SDM serta penyelenggaraan acara yang mempunyai konten yang lebih baik.

Open recruitment SC adalah perekrutan seorang pemimpin yang bisa mengarahkan ke tujuan yang diharapkan. SC  merupakan pengarah selama kegiatan acara OPJH ini sehingga diperlukan SC yang berkompeten. Sehingga dengan adanya Open recruitment ini bisa diharapkan pemimpin, sistem dan konsep kegiatan OPJH yang kreatif serta inovatif.

OPJH merupakan kegiatan yang juga kaderisasi awal yang menjadi batu loncatan Mahasiswa Baru THP untuk menjadi mahasiswa yang diharapkan dapat mengharumkan nama almamater khususnya Jurusan. Dengan melibatkan semua komponen dan elemen yang berada di Jurusan THP membawa semangat Profesionalisme, Solidaritas, Moralitas, Edukatif, Kreatif dan Kontributif sebagai poin penting dari OPJH.

Deskripsi singkat

OPJH merupakan kegiatan penyambutan dan pengenalan mahasiswa terhadap kehidupan kampus khususnya jurusan serta himpunan. Pembekalan serta pembinaan bagi mahasiswa baru dalam menghadapi dunia perkuliahan ke depan. Melibatkan Jurusan, Himpunan, Mahasiswa THP, alumni THP serta seluruh civitas akademika THP yang meliputi karyawan dan Dosen THP.

Tujuan OPJH

  • Perkenalan dan pengakraban
    Perkenalan MABA THP terhadap HIMALOGISTA, kehidupan kampus, dan semua elemen yang ada di THP yang meliputi mahasiswa aktif THP, dosen, karyawan, jajaran jurusan THP serta alumni
  • Pembekalan
    Pembekalan MABA THP dari segi akademis serta keterampilan MABA THP dalam menghadapi dunia perkuliahan (khususnya dalam ke-THP-an) dan kehidupan kampus
  • Penguatan potensi dan pembangunan karakter dasar
    Penguatan potensi yang dimiliki MABA THP pembangunan karakter dasar MABA THP dengan mengasahnya melalui kegiatan OPJH secara bertahap.

Peran Strategis OPJH

OPJH dengan Brawijaya
Dengan dilaksanakannya OPJH ini, diharapkan dapat menciptakan rasa kebanggaan terhadap almamater Universitas Brawijaya . OPJH di sini membantu Universitas Brawijaya untuk mengenalkan mahasiswa baru dengan lingkungan kampus. Pembekalan dan pembinaan pada OPJH diharapkan bisa memunculkan bibit berkualitas untuk mengharumkan nama Universitas Brawijaya.

OPJH dengan Jurusan
Dengan adanya OPJH, jurusan bisa memperkenalkan semua aspek yang ada di jurusan.  Sehingga Jurusan dapat mengarahkan ke tujuan atau visi misi jurusan. Selain itu, dengan adanya pembekalan yang ada di OPJH bisa memunculkan kader-kader berpotensi dan kompeten untuk mengharumkan nama Jurusan THP

OPJH dengan Dosen
Dosen merupakan para pengajar dan pembimbing mahasiswa selama di perkuliahan. Dengan adanya OPJH bisa mengenal dan mengetahui karakter dari mahasiswa baru di THP. Sehingga bisa dijadikan pertimbangan dalam metode atau cara menghadapi mahasiswa baru sesuai dengan karakternya. Selain itu, Dosen bisa memperkenalkan diri agar lebih dekat dengan mahasiswa dan memberi pengarahan kepada mahasiswa baru dalam menghadapi perkuliahan di FTP. OPJH juga menjadi sarana pembekalan tentang dasar perkuliahan pangan sehingga bisa membantu dosen dalam memberikan pengetahuan dasar tentang perkuliahan pangan kepada mahasiswa baru.

OPJH dengan Alumni
Alumni merupakan orang-orang yang telah berjuang serta berjasa untuk THP. Dengan adanya OPJH, alumni bisa mengetahui perkembangan generasi penerus perjuangan mahasiswa THP. Selain itu, bisa mempererat hubungan alumni dengan mahasiswa THP.

OPJH dengan Mahasiswa Aktif THP
OPJH menjadi wadah Mahasiswa THP untuk berkumpul, mengenal serta membimbing mahasiswa baru THP sebagai ‘adik’ seperjuangan dalam dunia teknologi pangan. OPJH juga mengenalkan nilai-nilai kultur di THP yang kental rasa kebersamaan yang telah dilestarikan mahasiswa THP dari tahun ke tahun.

 

STRUKTUR PANITIA

  1. Pengurus Harian (PH) HIMALOGISTA 2014, berperan sebagai penanggungjawab kegiatan OPJH 2014. Sekaligus sebagai Pembina jalannya kegiatan.
  2. Steering Committee, memiliki fungsi controlling dan evaluasi terhadap panitia OPJH 2014. Sekaligus membuat konsepan umum OPJH 2014
  3. Panitia, sebagai eksekutor dari kegiatan OPJH 2014. Bertanggungjawab penuh terhadap kelangsungan rangkaian acara baik dalam hal administratif, keuangan, dan teknis.

Tahap Seleksi SC:

  1. Seleksi Berkas
    Seleksi pada tahap ini adalah melihat kelengkapan berkas dari Bakal Calon SC OPJH 2014.
  2. Screening I
    Seleksi pada tahap ini adalah presentasi konsep yang ditawarkan kepada tim penilai (PH, mantan SC, dan DPO)
  3. Screening II
    Seleksi pada tahap ini adalah tentang pengujian kredibilitas dan integritas
  4. Pengumuman Akhir
    Di tahap ini akan diumumkan siapa yang akan menjadi bagian dari SC kepanitiaan OPJH 2014.

Timeline

1. Timeline Seleksi SC

18 April – 1 Mei 2014       : Sosialisasi Pengumuman Open Recruitment SC
28 April – 1 Mei 2014       : Pendaftaran dan Pengumpulan Berkas
2 Mei 2014                        : Seleksi Berkas dan Pengumuman seleksi berkas
10 Mei 2014                      : Screening I
11 Mei 2014                      : Screening II
16 Mei 2014                      : Pengumuman Akhir

2. Timeline OPJH

Akhir Mei                          : Batas Open Recruitment Panitia
26 Sept – 19 Oktober*     : Rangkaian Kegiatan OPJH 2014
7 November                      : Laporan Pertanggung Jawaban

*Catatan:

Waktu bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan fakultas dan universitas

Persyaratan:

  1. Mengisi Formulir pendaftaran SC OPJH 2014. unduh di sini
  2. Pernah menjadi panitia OPJH.
  3. Merupakan mahasiswa aktif Universitas Brawijaya angkatan 2011, 2012.
  4. Foto 4×6, 2 lembar berwarna
  5. Membuat konsep OPJH 2014.
  6. Artikan OPJH versi kamu dalam bentuk essay, ditulis tangan di kertas folio bergaris.
  7. Mengikuti rangkaian seleksi SC OPJH 2014.

Pengumpulan berkas:

  1. Segala berkas dikumpulkan didalam stopmap hijau yang bertuliskan Nama, Angkatan.
  2. Urutan Berkas :
    a)      Foto
    b)      Formulir pendaftaran
    c)      Konsep OPJH 2014
    d)     Essay

(LW)

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *