National to International Food 2015

Sebagai salah satu tugas besar dalam MK Praktikum Kewirausahaan Pangan (KWU) yang berbobot 2 SKS, setiap tahunnya dilaksanakan bazar pangan yang diikuti oleh seluruh mahasiswa Jurusan Teknologi Hasil Pertanian (THP) angkatan 2012 Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya (FTP UB). Bazar ini dilaksanakan di halaman depan gedung FTP, Rabu (27/05/2015) yang dimulai pukul 08.00 WIB. Menurut koordinator dosen pengampu KWU, Indria Purwantiningrum, STP. M. Si., kegiatan ini diharapkan agar mahasiswa lebih memahami prespektif entrepreneurship business plan, serta bagaimana mengkreasi pangan fungsional.

Bazar tahun ini bertemakan “National to International Food 2015”. Pada bazar ini terdapat 62 stand yang berada di depan Gedung Fakultas Teknologi Pertanian, yang sedikitnya terdapat 62 jenis produk yang mereka tawarkan. Produk yang mereka tawarkan berupa jajanan asli Indonesia yang dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki nilai jual yang tinggi, sehingga layak diperjual-belikan di pasar Internasional.

Contohnya saja produk yang berlabelkan Sarange (Sensasi Rangi Enak). Jajanan ini berbentuk perahu dengan bahan dasar tepung dan santan yang biasanya dijumpai dalam bentuk jajanan tradisional kemudian diubah menjadi jajanan kering yang memiliki banyak varian rasa seperti coklat, jagung manis, oreo dan kayu manis. Kemudian ada juga Banabon, abon berbahan dasar jantung pisang dan nangka muda yang dipadu dengan bumbu khas timur tengah.

Masih banyak lagi produk kreasi makanan yang ditawarkan pada bazar ini seperti BBS Gemini, brem buah sukun gemes imut dan mini. Kemudian juga ada O-Bisa, opak biji alpukat kaya rasa. Jelas, jahe nata selasih. Lemver Varokah, lemper sayuran yang kaya serat dan vitamin. Mayo herkules, mayo herbal berkualitas lezat dan sehat. Keset, keciput singset.

Seluruh olahan pangan yang disajikan dengan target pengunjung dosen dan mahasiswa lingkungan kampus Universitas Brawijaya dijual dengan kisaran harga 2.000 rupiah hingga 10.000 rupiah. Selain itu produk juga dinilai oleh dewan juri yang tidak lain adalah dosen Fakultas Teknologi Pertanian dan juga di nilai oleh pengunjung yang datang.

Pada acara bazar tahun ini bertepatan pula dengan Hari Jamu Nasional. Untuk memperingati Hari jamu Nasional tersebut panitia menyediakan 1 stand khusus produk jamu. Pada stand tersebut pengunjung disuguhkan sampel jamu gratis dan diinformasikan juga kepada para pengunjung tentang manfaat dari jamu tersebut .

Acara bazar ini bekerjasama dengan HIMALOGISTA (Himpunan Mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian) FTP UB dan juga dimeriahkan oleh demo pembuatan cupcake dari Food Processing Training Center (FPTC) FTP. Acara bazaar ini juga disertai dengan donor darah yang bekerjasama dengan PMI Kota Malang dan juga terdapat berbagai macam games seru berhadiah.

Author: AV

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *