Nanas: Si Kuning Segar dan Kaya Manfaat

manfaat-buah-nanasHai Himalogisters! artikel kali ini kita akan membahas salah satu jenis buah nih. Hayo kira-kira pada tau gak temen-temen? Kita kasih beberapa clue deh, buahnya biasa dibuat rujakan, biasa diolah jadi selai, dibuat jus juga bisa, warnanya kuning, rumahnya Spongebob Squarepants. Nah gampang banget kan? pasti pada bisa jawab nih. Yaaaap, nanas! Kali ini kita akan mengupas tuntas mengenai buah kuning segar nan enak ini.

Nanas, nenas atau ananas merupakan jenis tumbuhan tropis yang memiliki nama latin Ananas comosus (L.) Merr. Buah nanas ini berasal dari negeri yang khas dengan tarian Samba yaitu Brasil. Meskipun berasal dari Amerika Selatan, buah ini tergolong mudah dibudidayakan di Indonesia dikarenakan iklim Indonesia yang tropis. Budidaya nanas di Indonesia sangat baik, terutama di daerah Subang dan Lampung yang terkenal dengan sentra perkebunan nanas. Buah nanas sangat mudah dijumpai dipasaran dan dijajakan mulai dari supermarket besar hingga pedangang keliling. Kandungan gizi paling menonjol dari buah nanas adalah kandungan vitamin C. The World’s Healthiest Food mengungkapkan bahwa kandungan vitamin C pada 165g nanas dapat mencapai 105,1% kebutuhan per harinya.   Nanas memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan tubuh kita loh, antara lain yaitu:

–   Nanas dapat mencegah kanker dan melindungi tubuh dari radikal bebas

–  Menyehatkan sistem pencernaan tubuh

–  Membantu menurunkan berat badan

–  Meningkatkan daya tahan tubuh

–  Meredakan peradangan

–  Membantu menyembuhkan sinusitis

–  Mencegah penyakit degenerasi makula (AMD) atau kondisi pengelihatan yang menurun seiring dengan pertambahan usia

 

Wah sebenarnya masih banyak lagi manfaat nanas bagi tubuh kita nih temen-temenJ. Nanas dapat kita konsumsi sesuka hati, ada yang suka dimakan langsung, ada yang suka dibuat rujak, jus, campuran es buah dan ada juga yang suka dibuat selai. Cara pembuatan selai nanas sangat mudah loh, temen-temen bisa mencobanya sendiri dirumah. Berikut resep membuat selai nanas.

Bahan:

  • Buah nanas
  • Gula
  • Air
  • Pektin

Cara membuat:

1. Buah nanas dikupas dan dibersihkan lalu diparut.

2. Air, pektin dan gula ditambahkan ke dalam parutan nanas (pektin berfungsi untu mempermudah proses penggumpalan nanas).

3. Campuran nanas, pektin, dan gula dipanaskan hingga mendidih.

4. Setelah mendidih, didiamkan hingga dingin dan siap digunakan sebagai selai.

 

Referensi:

webkesehatan.com/nanas-kandungan-gizi-manfaat-untuk-kesehatan/

http://honestcooking.com/deliciously-simple-pineapple-jam-recipe/

Author: MO & AM – Strakominfo’15

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *