Menulis Artikel yang Baik, Gimana Ya?

S_6152606035115

Apa sih manfaatnya menulis artikel yang baik dan benar? Penulisan yang baik dan benar akan memberikan kemudahan kepada pembacanya dalam memahami kaidah atau isi yang ada dalam artikel tersebut. Pembaca yang dapat dengan mudah memahami isi artikel tersebut nantinya akan memberikan nilai plus kepada artikel yang telah dibuat oleh penulis tersebut. Simak tips berikut ini ya mengenai menulis artikel yang baik dan benar!

#1. Menentukan Tema Artikel

Penulis wajib menentukan tema dari sebuah artikel yang akan ditulisnya, dengan adanya tema, artikel yang ditulis akan lebih jelas batasan-batasan pembahasannya. Pemilihan tema yang digunakan dalam membuat artikel hendaknya harus spesifik. Tujuan pemilihan tema yang spesifik adalah memberikan ciri khas yang berbeda terhadap pembahasan artikel tersebut.

#2. Menentukan Tujuan Penulisan ArtikelĀ 

Penetuan tujuan penulisan sangat berpengaruh terhadap artikel yang dibuat oleh penulis. Tujuannya bisa berupa penyaluran sebuah ide yang dimiliki oleh penulis, menghibur para pembaca, mendidik para pembaca, atau untuk memecahkan masalah.

 

#3. Menentukan Permasalahan dengan Jelas
Rumusan masalah pada umumnya berbentuk sebuha kalimat tanya, namun pada karya tulis yang berbentuk sebuah artikel, rumusan masalah tidak di tuliskan dalam bentuk rumusan masalah, bahkan pada umumnya rumusan masalah tidak dituliskan di dalam artikel tersebut, namun rumusan masalah di tulis secara tersirat (tersembunyi) dalam pembahasan artikel.

#4. Mengembangkan Tema Artikel

Dalam membuat artikel yang menarik, salah satu faktor penting dan utama yang perlu diperhatikan adalah pengembangan tema artikel tersebut. Pengembangan tema harus di sesuaikan dengan jenis artikel yang dibuat dan topic yang dibahas. dalam pengembangan tema, penulis dapat membuat sebuah topik yang unik dan menarik untuk dibahas dalam sebuah artikel.

 

#5. Menyimpulkan Pembahasan Artikel

Kesimpulan dari penjabaran atau pembahasan terkait dengan sebuah topik dalam karya tulis sangat di butuhkan adanya. Begitu juga dengan kesimpulan dalam sebuah karya tulis dalam bentuk artikel. Penulis dapat membuat sebuah kesimpulan dengan baik, jika penulis memiliki logika atau alur pembahasan yang benar dan mudah di pahami.

 

Jadi buat kamu yang ingin membuat artikel, jangan lupa baca tips di atas ya! Biar tulisan kamu jadi bagus dan mudah dipahami banyak orang, trus kalau bagus bisa dipublish dimana-mana deh J Jangan pernah takut menulis yaaa!

 

Salam,

Biro Kesekretariatan

Himalogista 2017

Bergerak Kolabratif

 

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *