Mangga, buah kaya manfaat dan nutrisi

Halloooo temen-temen.. tau ga sih sekarang musim apa? Musim hujan? Bukan itu maksudnya. Yap, sekarang ini musim buah mangga, buah satu ini sangat mudah dijumpai dimana-mana. Buah yang yang sangat beragam jenisnya ini merupakan salah satu buah yang menjadi favorit bagi banyak orang untuk dimakan langsung, maupun diolah menjadi jus. Namun sayangnya, masih banyak orang yang masih belum tau apa saja manfaat dari buah yang satu ini. Yuk, langsung saja kita bahas rahasia dan manfaat tersembunyi yang terkandung dalam buah mangga.

Mangga (Mangifera indica) merupakan tanaman tropis yang banyak dibudidayakan di seluruh dunia. Rasanya yang manis ditambah dengan kandungan nutrisinya yang lengkap membuat mangga digemari oleh banyak orang sehingga mangga dinobatkan menjadi buah yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Dalam 100 gram buah mangga menghasilkan energi sebesar 65 kcal. Komponen senyawa yang menyusun zat gizi tersebut adalah karbohidrat, protein, lemak, mineral (seperti tembaga, kalsium, zat besi, potasium, kalsium, fofor, magnesium, seng, dll), antioksidan (seperti zeaxantin, thiamin, riboflavin, niacin, beta karoten dll) asam pantinenat, asam folat, vitamin (seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K dll). 100 gram buah mangga sudah bisa mencukupi 100% kebutuhan harian vitamin C, 35% vitamin A, 20% folat, 10% vitamin B6 dan 8% vitamin K.

Dengan banyaknya nutrisi yang ada pada mangga maka mangga memiliki segudang manfaat diantaranya adalah:

  1. Obat diabetes

Buah mangga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga konsumsi buah mangga dalam jumlah banyak tidak akan meningkatkan kadar gula darah. Selain itu, daun mangga dapat dimanfaatkan sebagai obat diabetes dengan cara merebus 5-6 daun kemudian di rendam selama 1 malam. Setelah direndam 1 malam, air disaring dan bisa langsung diminum. Air rebusan daun mangga dapat mengatur kadar insulin dalam tubuh.

  1. Pencegah degenerasi makula

Zeaxantin yang terdapat dalam mangga adalah antioksidan yang mampu menyaring sinar cahaya biru yang dapat melindungi mata dan menangkal degenerasi makula.

  1. Mencegah penyakit jantung

Serat, kalium dan vitamin yang terdapat dalam mangga dapat mencegah penyakit jantung. Peningkatan konsumsi makanan yang mengandung kalium serta pengurangan konsumsi makanan yang mengandung natrium dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.

  1. Pencegah kanker

Antioksidan yang ada di dalam mangga seperti quercetin, isoquercitrin, astragalin, fisetin, asam galat, methylgallat mampu melindungi usus besar, payudara, leukimia dan prostat dari serangan sel-sel kanker.

  1. Menyehatkan tulang

Mangga mengandung banyak kalsium. Kalsium dari buah mangga sangat mudah diserap oleh tubuh sehingga dapat menyehatka tulang dan terhindar dari patah tulang.

  1. Membantu pencernaan

Enzim yang terdapat dalam mangga dapat memecah lemak dan protein pada makanan yang kita makan. Serat yang terkandung dalam mangga juga dapat membantu pencernaan secara alami yang memudahkan sisa pencernaan.

  1. Pencegah anemia

Kandungan zat besi yang tinggi apat mencegah serta mengobati penyakit anemia.

  1. Menjaga kadar kolesterol

Kandungan vitamin C, pektin dan serat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu kalium merupakan komponen penting sel dan cairan tubuh yang mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

  1. Menyehatkan mata

100 gram mangga dapat mencukupi 25% kebutuhan vitamin A yang dapat menyehatkan mata.

  1. Mencegah asma

Kandungan beta karoten dapat menjadi obat asma.

  1. Mengatasi bintik hitam pada wajah

Untuk mengatasi bintik hitam pada wajah bisa dengan cara mengkonsumsi buah mangga secara teratur. Untuk memaksimalkan hasil, kulit mangga juga dapat dimanfaatkan sebagai masker. Kulit mangga dikeringkan kemudian di buat bubuk. Setelah itu dicampurkan dengan yogurt. Kemudian dioleskan ke wajah.

  1. Mengatasi jerawat

Mangga muda dipotong dan kemudian direbus. Air rebusan tersebut dapat digunakan untuk membasuh muka

  1. Mengatasi kulit terbakar sinar matahari
  2. Melembabkan rambut

Kandungan vitamin A yang terdapat pada rambut dapat memproduksi sebum alami yang melembabkan rambut.

Bagaimana teman-teman setelah membacanya? Ternyata banyak sekali bukan yang teman-teman belum tau?. So, selamat menikmati buah lezat yang kaya manfaatnya bagi kesehatan ini! Semoga bermanfaat –SN/NDN – Biro keuangan 2015

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *