MANAJEMEN WAKTU

tmWaktu merupakan kekayaan yang dimiliki oleh siapa saja tanpa memandang status, jabatan, dan harta. Setiap orang memilki jatah waktu yang sama yaitu 24 jam. Ada sebuah pepatah barat yang menyatakan “Time is Money”, waktu hampir sama dengan uang. Apabila kita tidak dapat menggunakan dengan sebaik-baiknya, maka termasuk orang yang merugi-lah kita.  

Untuk mengetahui “harga” waktu satu tahun, coba tanyakan pada siswa yang gagal dalam sekolah. Untuk mengetahui “harga” satu bulan, coba tanyakan pada ibu yang melahirkan bayi premature. Untuk mengetahui “harga” satu minggu, coba tanyakan pada editor koran. Untuk mengetahui harga satu jam, coba tanyakan pada orang yang ketinggalan kereta. Untuk mengetahui harga satu mili-sekon, coba tanyakan pada orang yang mendapatkan perunggu dalam olimpiade.

Mahasiswa umumnya disibukkan dengan berbagai kegiatan akademis dan penunjang akademis, seperti belajar di kelas, mengerjakan tugas-tugas, melakukan kegiatan sosial, praktikum, dan lain-lainnya. Dengan kegiatan yang sebanyak itu, akhirnya kita keteteran dan merasa menanggung beban yang sangat berat. Dengan manajemen waktu yang efektif, kita bisa mengatur amanah dan pekerjaan kita menjadi lebih mudah.

Berikut ini merupakan bagaimana cara mengatur waktu yang kita miliki

  • Buatlah skala prioritas

Tentukan mana saja pekerjaan yang butuh segera dilakukan dan yang tidak. Ada pekerjaan yang memang harus segera diselesaikan dan ada pula yang tidak.

  • Hindari menunda-nunda

Menunda-nunda merupakan hal yang berpengaruh buruk pada produktivitas. Menunda-nunda dapat membuang waktu yang seharusnya digunakan untuk kegiatan produktif. Selain itu dapat berpengaruh buruk pada kehidupan karir dan personal kita

  • Buat jadwal aktivitas

Bawa buku catatan kecil yang berisi catatan aktivitas yang harus dilakukan. Buatlah daftar ini sebelum memulai kesibukan harian.

  • Hindari stress

Ini dia biang masalah yang sering menimpa. Stres akan terjadi saat kita menerima “pekerjaan” lebih dari kemampuan kita. Hasilnya, tubuh akan merasa lelah yang dapat mempengaruhi produktivitas. Oleh karena itu, jika ada pekerjaan yang terlalu menumpuk, meminta tolong orang lain untuk membantu kita dapat menurunkan stress

  • Tenangkan pikiran sebelum bekerja

Jika merasa marah terhadap suatu kondisi, sikap orang lain kepada kita, tulislah pada selembar kertas hingga tidak ada perasaan kesal yang tertinggal. Kemudian sobek-sobek kertasnya dan buang ke tempat sampah. Ngedumel-dumel malah membuat kita semakin emosional.

  • Jangan lupa untuk beristirahat

Istirahat itu penting. Tubuh kita memiliki batas maksimum. Jika tubuh kita sudah mulai merasa lelah, istirahatlah. Setelah istirahat, tubuh akan merasa bugar dan produktivitas kita meningkat.

  • Jangan pernah meninggalkan ibadah atau kegiatan spiritual lainnya

Dengan beribadah kepada Tuhan yang kita percaya, hati kita dapat merasa tenang. Selain itu, beribadah juga dapat menyegarkan pikiran yang sedang jenuh.

 

 

Referensi:

Kielinski, T. 2015. The World’s Most Valuable Commodity: Time

Kurkreja, R. 2013. 10 Ways to Improve Your Time Management Skills

Varughese, J. 2014. 22 Time Management Lessons You Need to Learn Now

 

KO’15/16

#KA

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *