Kenali Gaya Belajarmu Menurut Diagram Kolb

David A. Kolb adalah seorang psikolog Amerika dan teori pendidikan. Ia paling dikenal karena penelitian gaya belajar dan belajar pengalaman.Menurut Kolb, experiential learning adalah suatu proses dimana pengetahuan hasil dari kombinasi yang berbeda dari menangkap dan mentransformasikan pengalaman. Kita dapat memahami pengalaman dengan dua cara yang berbeda, melalui pengalaman konkret dan konsep abstrak.Kita kemudian dapat mengubah pengalaman dalam dua cara, melalui pengamatan reflektif atau percobaan aktif.

David Kolb mengemukakan adanya empat kutub yang terlihat diatas, (a-b) kecenderungan seseorang dalam proses belajar, kutub-kutub tersebut yang dikutip dari (http//www.pdf reaserch.com). Antara lain:

a.    Kutub Perasaan/FEELING (Concrete Experience)

Belajar melalui perasaan, dengan menekankan segi-segi pengalaman kongkret, lebih mementingkan relasi dengan sesama dan sensitivitas terhadapperasaan orang lain. Dalam proses belajar, cenderung lebih terbuka dan mampu beradaptasi terhadap perubahan yang dihadapinya.

b.    Kutub Pemikiran/THINKING (Abstract Conceptualization)

Belajar melalui pemikiran dan lebih terfokus pada analisis logis dari ide-ide, perencanaan sistematis, dan pemahaman intelektual dari situasi atau perkara yang dihadapi. Dalam proses belajar,akan mengandalkan perencanaan sistematis serta mengembangkan teori dan ide untuk menyelesaikan masalah yang dihadapinya.

c.    Kutub Pengamatan/WATCHING (Reflective Observation)

Belajar melalui pengamatan, penekanannya mengamati sebelum menilai, menyimak suatu perkara dari berbagai perspektif, dan selalu menyimak makna dari hal-hal yang diamati. Dalam proses belajar, akan menggunakan pikiran dan perasaannya untuk membentuk opini/pendapat.

d.   Kutub Tindakan/DOING (Active Experimentation)

Belajar melalui tindakan, cenderung kuat dalam segi kemampuan melaksanakan tugas,berani mengambil resiko, dan mempengaruhi orang lain lewat perbuatannya. Dalam proses belajar, anak menghargai keberhasilannya dalam menyelesaikan pekerjaan, pengaruhnya pada orang lain, dan prestasinya.

Picture1

Menurut Kolb, tidak ada individu yang gaya belajarnya secara mutlak didominasi oleh salah satu saja dari kutub tadi. Yang biasanya terjadi adalah kombinasi dari dua kutub dan membentuk satu kecenderungan atau orientasi belajar. Empat kutub di atas membentuk empat kombinasi gaya belajar. Pada model di atas, empat kombinasi gaya belajar diwakili oleh angka I hingga IV, dengan penjelasan seperti di bawah ini:

1.    Gaya Diverger(feeling and watching).

– unggul dalam melihat situasi kongkret dari banyak sudut pandang yang berbeda.

– Pendekatannya pada setiap situasi adalah “mengamati” dan bukan “bertindak”.

– menyukai tugas belajar yang menuntutnya untuk menghasilkan ide-ide (brainstorming), biasanya juga menyukai isu budaya serta suka sekali mengumpulkan berbagai informasi.

2.    Gaya Assimillator(thinking and watching).

– memiliki kelebihan dalam memahami berbagai sajian informasi serta merangkumkannya dalam suatu format yang logis, singkat, dan jelas.

– Biasanya anak tipe ini kurang perhatian pada orang lain dan lebih menyukai ide serta konsep yang abstrak, mereka juga cenderung lebih teoritis.

3.    Gaya Converger(thinking and doing).

– unggul dalam menemukan fungsi praktis dari berbagai ide dan teori.

– Biasanya mereka punya kemampuan yang baik dalam pemecahan masalah dan pengambilan keputusan.

– cenderung lebih menyukai tugas-tugas teknis (aplikatif) daripada masalah sosial atau hubungan antar pribadi.

4.    Gaya Accomodator(feeling and doing).

– memiliki kemampuan belajar yang baik dari hasil pengalaman nyata yang dilakukannya sendiri.

– suka membuat rencana dan melibatkan dirinya dalam berbagai pengalaman baru dan menantang.

– cenderung untuk bertindak berdasarkan intuisi/dorongan hati daripada berdasarkan analisa logis. Dalam usaha memecahkan masalah, mereka biasanya mempertimbangkan faktor manusia (untuk mendapatkan masukan/informasi) dibanding analisa teknis.

Sumber : http://saputradavid.blogspot.co.id/2013/04/teori-belajar-menurut-david-kolb.html

Author: KO 15/16

#AR

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *