[INFO HMPPI]

HMPPI

HMPPI merupakan singkatan dari Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia. HMPPI merupakan himpunan yang mewadahi mahasiswa peduli pangan seluruh Indonesia loh. Sudah penasaran belum nih di HMPPI ada struktur organisasi apa saja? Untuk lebih jelasnya check it out dibawah ini😊
Badan Pengawas HMPPI
Dalam suatu organisasi pasti ada suatu badan yang bertidak untuk mengawasi jalannya organisasi. Di HMPPI sendiri badan tersebut disebut dengan Badan pengawas. Badan Pengawas merupakan badan yang mengawasi jalan kerjanya HMPPI. Nah, Badan Pengawas sendiri itu tidak masuk dalam struktural badan pengurus pusat. Setiap regional memiliki satu Badan Pengawas. Badan pengawas dipilih pada saat pelaksanaan RUA. Badan Pengawas terdiri dari 1 orang perwakilan masing-masing regional yang dipimpin oleh Koordinator merangkap anggota. Untuk pemilihan Badan Pengawas dilakukan dengan sistem voting saat RUA, voting ini dilakukan disetiap regional dan disaksikan oleh seluruh BPH. Untuk masa jabatannya sama seperti pengurus pusat yaitu selama dua tahun. Tugas dari Badan Pengawas antara lain adalah mengawasi jalannya kepengurusan,berhak memberikan saran atau usulan, mengawasi Badan Pengurus Pusat dalam mempersiapkan RUA dan RTP, mengawasi jalannya kepengurusan Badan Pengurus Pusat dan Badan Pengurus Regional HMPPI, mengirimkan utusan wakil dari Badan Pengawas untuk mengawasi jalannya kegiatan yang dilaksanakan oleh HMPPI, membuat pedoman penilaian kinerja Badan Pengurus HMPPI, serta memberikan laporan pertanggungjawaban pada RUA berupa penilaian terhadap kinerja Badan Pengurus HMPPI. Untuk anggota Badan Pengawas HMPPI periode 2017-2019 antara lain ada Kak Iprah Pratiwi dari regional 1, Kak Alvin Dananto dari regional 2, Kak Kelvin Muhammad Akbar dari regional 3, Kak Riana Siti Khoirunnisa dari regional 4, dan Kak Mella Arimbi Yamasita dari regional 5.
Sumber: Instagram: @HMPPI, Narasumber: Kak Azizah E (Anggota Divisi Pengabdian Masyarakat Periode 2015-2017, Kak Riana Siti Khoirunnisa (Badan Pengawas HMPPI Regional 3 Periode 2017-2019)

Divisi Pengabdian Masyarakat HMPPI
Penasaran tidak nih di HMPPI ada divisi apa saja? Nah, divisi pertama yang ada di HMPPI yaitu Pengabdian Masyarakat. Pengabdian Masyarakat sering disebut dengan “Pengmas”.
Pengabdian Masyrakat yang dilaksanakan HMPPI dilakukan secara langsung oleh masing-
masing komsat yaitu dengan melakukan binaan ke desa-desa yang berpotensi untuk dikembangkan, bimbingan UMKM, bina non desa, dan masih banyak lagi. Pengabdian Masyarakat bertujuan untuk membantu meningkatkan potensi lokal guna meningkatkan perekonomian warganya. Ada banyak nih yang dilakukan oleh divisi Pengabdian Masyarakat antara lain adalah membentuk kerjasama dengan Lembaga pemerintah atau Lembaga lainnya terkait dengan program Peningkatan Produk Pangan Lokal (P3L), mengadakan pelatihan pembinaan dan pendampingan masyarakat, mengadakan forum diskusi P3L di setiap regional, dan mengadakan pekan P3L nasional. Untuk Divisi Pengabdian Masyarakat periode 2017-2019 diketuai oleh Kak Banat Mubarokah dari Universitas Sebelas Maret, dan memiliki anggota antara lain Kak Ana Andiana dari Universitas Jenderal Soedirman, Kak Citra Dwi Syaputri dari Universitas Riau, Kak Diatari Agustini dari Universitas Sriwijaya, Kak Faizah Yuski Zamzami dari Universitas Jember, Kak Fitri Yanti dari Universitas Sriwijaya, Kak Khansa Orida Puti dari Universitas Syiah Kuala, Kak Hasna Nafsah Anumillah dari Universitas Pasundan, Kak Khairani Rizqi Amalia dari Universitas Pasundan, Kak Lilik Kusumawati dari Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Kak Mahda Taufik Mahri dari Universitas Brawijaya, dan Kak Muhammad Zulkifli dari Institut Pertanian Stiper Yogyakarta.
Sumber: Instagram: @HMPPI, Narasumber: Kak Banat Mubarokah ( Ketua Divisi Pengabdian Masyarakat Periode 2017-2019), Kak Muhammad Zulkifli (Anggota Divisi Pengabdian Masyarakat Periode 2017-2019)
Nah, gimana nih sobat pangan jadi udah lebih tahu kan tentang HMPPI. Pastinya makin kepo dan tertarik dong dengan divisi-divisi yang ada di HMPPI. Pantengin terus yaa untuk divisi-divisi selanjutnya😊

For more infomation:
IG: @HMPPI
Twitter: @HMPPi
Website: www.hmppi.org
Email: hmppipangan@yahoo.co.id

Written by admin

Leave a Reply