[INFO HMPPI]

 KAJIAN STRATEGI DAN AKSI

Halo sobat pangan! Hari ini kita bakalan bahas divisi yang lain lohh, divisi yang bakal kita bahas yaitu divisi kajian strategi dan aksi atau yang biasa disingkat jadi divisi kastradasi. Ngapain aja sih divisi kastradasi ini?

Divisi kastradasi merupakan divisi yang mengontrol dan mengembangkan jalannya organisasi HMPPI, dimana pada divisi ini terdapat 5 proker, yaitu yang pertama proker pelatihan, dimana pada proker ini akan dilaksanakan pelatihan kajian dan advokasi berupa seminar, pelatihan, dan Forum Group Discussion (FGD) yang secara bertahap dilakukan dari tiap regional kemudian ke tingkat nasional. Kemudian proker selanjutnya ada Data, kaji, solusi atau yang biasa disingkat menjadi DKS, dimana proker ini akan mendata, mengkaji dan memberikan solusi apabila ada isu – isu yang berhubungan dengan pangan yang dilakukan oleh seluruh anggota HMPPI secara terbuka dalam forum yang dipublikasikan melalui undangan kepada pemateri, DKS dibagi menjadi dua, yaitu DKS insidental dan DKS yang terjadwal, tergantung kepada isu – isu pangan di Indonesia. Proker berikutnya yaitu Cerdas Isu Pangan atau disingkat CIP, dimana akan disebarkannya informasi yang telah kita kaji untuk meluruskan pemahaman masyarakat akan suatu permasalahan pangan yang terjadi, penyebaran informasi dapat berupa poster maupun artikel yang akan di post pada media sosial. Proker berikutnya yaitu Hari besar pangan, dimana pada proker ini akan dilakukan aksi peringatan hari besar pangan dengan output yang jelas sehingga dapat memberikan edukasi mengenai hari pangan terkait dengan yang sedang dirayakan, dan yang terakhir yaitu proker Siaga dan tanggap atau yang biasa disebut Sigap, dimana proker ini merupakan tindak lanjut berupa solusi dan aksi, sebagai bentuk kepedulian terhadap masalah pemenuhan kebutuhan pangan dan gizi yang sedang dihadapi masyarakat

Divisi Kastradasi ini diketuai oleh Andika Dwi Permana dari Universitas Sriwijaya dengan 9 anggota, yaitu Aditya Sandy Wicaksono dari Universitas Sebelas Maret, Ainun Zakiah Safirah dari Universitas Sriwijaya, Ani Afriyanti dari Universitas Sriwijaya, M. Rinal Fahlevi dari Universitas Sumatera Utara, Nurul Hafiani dari Universitas Djuanda, Reza dari Universitas Brawijaya, Sri Wulan Nawang Sari dari Universitas Jember, Tanty Purwaning Atmajayanti dari Universitas Soedirman, dan Teguh Firmansyah dari Instiper Yogyakarta.

KOORDINATOR REGIONAL

Nah, gimana nih sobat pangan? Udah pada tahu kan tentang Badan pengurus pusat di HMPPI? Hari ini kita bakal ngulik tentang Koordinator regional. Apa sih Koordinator regional atau yang biasa disingkat jadi koreg itu?

Jadi, Koordinator regional merupakan koordinator pada tingkat regional dan berjumlah 5 orang, dimana setiap koordinator regionalnya bertanggung jawab atas program kerja yang telah dirancang oleh Himpunan Mahasiswa Peduli Pangan Indonesia pada masing – masing regional serta bertugas mengkoordinir jalannya organisasi di masing – masing regional. Terdapat 5 regional yang tersebar luas di indonesia, yaitu:

  • regional 1 yang bertempat di sumatera yang dikoordinasi oleh Nurul Ayu Syafitri dari Universitas Andalas
  • regional 2 pada jawa barat – jabodetabek yang dikoordinasi oleh Hilman Fauzi dari Universitas Pasundan
  • regional 3 pada jawa tengah – DIY yang dikoordinasi oleh Ahmad Syifa’ul Qulub dari Universitas PGRI Semarang
  • regional 4 pada Jawa timur – Bali yang dikoordinasi oleh Agi Ramadhan dari UPN Veteran Jawa Timur
  • dan terakhir regional 5, yaitu pada kalimantan yang dikoordinasi oleh Muh. Arwan Siala dari Universitas Haluoleo

Masing – masing regional mempunyai badan pengurus regional yang diketuai oleh koordinator regional. Nah gimana sobat pangan? Jadi lebih tahu kan tentang HMPPI? Dan pastinya kalian jadi tertarik dong buat join atau kepo kepoin tentang HMPPI kan? Pantengin terus timeline kita yaa

For more infomation:
IG: @HMPPI_
Twitter: @HMPPi
Website: www.hmppi.org
Email: hmppipangan@yahoo.co.id

 

Written by admin

Leave a Reply