HIMALOGISTA MENGABDI

1

(Foto bersama warga di balai dusun)

Himalogista Mengabdi merupakan kegiatan eksternal Himalogista yang berkaitan dengan pengabdian terhadap masyarakat. Kegiatan ini diadakan di Dusun Bajulmati, Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Puncak acara pada kegiatan ini yaitu Himalogista Mengabdi I dan Himalogsta Mengabdi II.

Himalogista Mengabdi I dilaksanakan pada tanggal 29-30 Mei 2016. Pada hari pertama Minggu, 29 Mei 2016 diadakan kegiatan penyuluhan mengenai “pengolahan, pengemasan, dan pemasaran keripik pisang” yang dimulai pukul 13.30 hingga 16.40. Kegiatan ini dihadiri oleh 6 orang dosen dengan 3 diantaranya sebagai pemateri utama. Warga yang hadir sebanyak 15 orang. Selain penyuluhan, diadakan juga demo masak pembuatan keripik pisang aneka rasa yang diperagakan oleh ibu Ocha selaku dosen dan dipandu oleh Rafizaaz THP 15 dan Dhia THP 15 selaku MC. Para warga terlihat sangat antusias dengan kegiatan ini terbukti dari keaktifan mereka bertanya dan menjawab pertanyaan serta tidak sabarnya mereka untuk mencoba membikin keripik pisang sendiri. Setelah mereka mencoba, hasil yang didapatkan  renyah dan enak. Dalam kegiatan ini para warga juga diberikan kuisioner pada awal dan akhir acara untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan ini bagi mereka. Pre kuisioner diisi oleh 15 warga, sedangkan untuk post kuisionernya diisi oleh 12 warga.

2

(Demo masak keripik pisang)

3

(Bu sum mencoba bikin keripik pisang sendiri)

4

(Foto bersama)

Pada malam harinya kami mengadakan nonton bersama para warga di balai dusun untuk menghangatkan suasana. Nonton bersama ini kebanyakan dihadiri oleh ibu – ibu dan anak anak kecil. Nonton bersama ini dimulai pukul 19.30 WIB – 22.00 WIB.

Hari kedua Senin, 30 Mei 2016 diadakan peringatan Hari Susu Nusantara yang seharusnya jatuh pada tanggal 1 Juni 2016. Kegiatan ini diadakan di SD N Gajahrejo III. Pesertanya yaitu anak kelas 1 – 5. Para panitia masuk kedalam ruangan dan memberikan berbagai informasi menarik seputar susu. Setelah itu diadakan pembagian susu dan minum susu bersama.

5

(Sosialisasi Hari Susu Nusantara)

6

(Pembagian susu)

7

(Minum susu bersama)

8

(Bersama guru SD N Gajahrejo 3)

Himalogista Mengabdi II dilaksanakan pada tanggal 1-2 Oktober 2016. Pada hari Sabtu, 1 Oktober 2016 diadakan kegiatan di TK Harapan Bajulmati. Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09.00 – 10.17. Jumlah murid TK yang hadir sebanyak 33 orang, disana kita di terima dengan baik oleh guru maupun anak-anaknya. Mereka terlihat sangat senang dengan kedatangan kami, dilihat dari anak-anak yang langsung mendatangi dan mengajak bermain kami. Di TK tersebut kami menyampaikan materi tentang gosok gigi dan mencuci tangan dengan menggunakan cerita boneka serta pemutaran video sehingga mereka lebih tertarik dan lebih paham. Setelah itu diadakan praktik cuci tangan dan juga gosok gigi oleh mereka dan diakhiri dengan pembagian doorprize dan penyerahan charity. Selain di TK Bajulmati, kami juga ke TK dan SD Goa China disana kami lebih banyak bermain dan tanya jawab serta banyak sharing dengan guru dan diakhiri dengan pembagian doorprize serta penyerahan charity.

9

(Foto bersama guru TK)

Siang harinya, diadakan penyuluhan di balai dusun yang dimulai pada pukul 13.54 WIB – 15. 54 WIB dengan dihadiri oleh 33 ibu – ibu PKK. Acara dipandu oleh Sonya THP 14 dan Andreas THP 14 Selaku MC. Setelah itu ada sambutan dari perwakilan dosen, ketua himpunan serta ketua pelaksana. Selanjutnya penyampaian materi pengolahan ikan oleh ibu Siti Narsito Wulan, STP., M.P dilanjutkan materi sanitasi, cara produksi makanan yang baik serta praktik cara menjaga kebersihan pangan dengan menggunakan pelindung tubuh oleh Bapak Dego Yusa Ali, STP., M.Sc. Kemudian dilanjutkan dengan materi pendaftaran P-IRT oleh Ibu Hera Sisca Pramita, STP., M.Si. Selain penyuluhan, diadakan juga demo masak pembuatan kerupuk ikan yang diperagakan oleh ibu Siti Narsito Wulan, STP., M.P selaku dosen. Dalam kegiatan ini para warga juga diberikan kuisioner pada awal dan akhir acara untuk mengetahui pengaruh dari kegiatan ini bagi mereka. Sama seperti HM 1 para warga terlihat sangat antusias dengan kegiatan ini terbukti dari keaktifan mereka dalam mencatat, bertanya, dan menjawab pertanyaan serta tidak sabarnya mereka untuk praktik sendiri. Setelah mereka mencoba, hasil yang didapatkan pun cukup berhasil. Acara ini diakhiri dengan pembagian doorprize dan sesi foto.

10

(Foto bersama warga di balai dusun)

 

Keesokan harinya kita lebih banyak berinteraksi dengan warga disana dengan main kerumah warga – warga. Siang harinya  kami berkemas untuk pulang dan tidak lupa untuk berpamitan pada warga desa. Sebelum pulang kami diajak oleh Cak Sis ke pantai. Cak Sis adalah salah satu tokoh masyarakat di Desa Bajulmati yang mengurusi keperluan kami selama disana. Setelah puas bermain di Pantai Bajulmati kegiatan hari itu diakhiri dengan foto bersama dan tentu nya kita bepamitan dengan Cak Sis.

11

(Foto di Pantai Bajul Mati)

 #AF

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *