HIMALOGISTA Mengabdi : Bajulmati Menggapai Asa

berfoto bersama di SD

(Foto bersama didepan SD Gajahrejo 3)

(13/06/2014) Himalogista mengabdi merupakan kegiatan eksternal Himalogista  yang utamanya berkaitan dengan pengabdian terhadap masyarakat sekitar. Kali ini Himalogista mengadakan pengabdian masyarakat di desa Bajulmati, dusun Gajahrejo, kecamatan Gedangan, kabupaten Malang. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 6-8 Juni 2014 dengan mengusung tema “Bajulmati Menggapai Asa”. Sekitar 50-an panitia dan relawan turut serta dalam kegiatan ini. Perjalanan dari UB menggunakan angkot dan motor ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam. Meskipun medan yang ditempuh meliuk-liuk, sehingga yang naik angkot banyak yang pusing, mual dan pucat, semua terbayar sampai disana. Kami memperoleh banyak pengalaman berharga selama 3 hari tinggal bersama warga setempat.
Setelah sampai disana sekitar pukul 17.30, kami disambut di rumah Bp. Izar. Beliau adalah salah satu tokoh masyarakat di Bajulmati yang peduli terhadap pendidikan dan ekonomi masyarakat disana. Beliau salah satu orang yang berjasa dalam mengembangkan desa Bajulmati dan berjasa dalam mendirikan PAUD dan TK Harapan di Bajulmati. Dirumah beliau kami diberikan pembekalan seputar dusun tersebut. Ada 5 rumah yang akan kami tempati, 3 rumah untuk wanita dan 2 rumah untuk laki-laki. Masing-masing rumah dihuni kurang lebih 10 orang. Di malam harinya kami mengadakan nonton bersama para warga untuk lebih menghangatkan suasana. Kami menonton film yang berjudul King.

Hari kedua, kegiatan dimulai pada pagi hari dengan program ASI (Anak Sehat Indonesia) di SD Gajahrejo  3. Kami senam bersama, games bersama, kami juga menanam tanaman bersama. Kemudian para peserta ASI yaitu anak anak kelas 1-5 SD masuk ke ruangan untuk menerima materi penyuluhan tentang sanitasi dan berbagai informasi menarik seputar kesehatan dan makanan. Kami juga memberikan susu dan biskuit untuk masing masing anak.senam pagi bersama 2

(Senam bersama dengan anak-anak SD Gajahrejo 3)

para peserta ASI sangat antusias

(Kak Icha memberikan pertanyaan, anak-anak pun antusias menjawab)

antusias dari anak-anak peserta ASI

(Antusias dari para peserta ASI)

pembagian susu dan biskuit

(Pembagian susu dan biskuit)

Sorenya kami mengadakan Pelatihan Produk berbasis Pisang untuk dijadikan makanan semprong. Demo masak yang diperagakan oleh Kak Ranu THP 2012 dan dipandu mc Rani THP 2013 dan Kak Anggi 2012 disimak oleh para warga dengan sangat antusias. Antusiasme terlihat dari setiap step pembuatan yang mereka catat di buku dan keaktifan mereka saat bertanya. Setelah diperagakan, mereka dapat mencoba membuatnya sendiri. Hasilnya pun bagus-bagus dan berhasil. Setelah itu kami memberikan tanya jawab seputar demo masak tersebut dan memberikan penyuluhan bagaimana penyimpanan pascapanen yang baik. Kami juga memberikan dorongan agar produk tersebut dapat semakin dikembangkan oleh warga desa.

kak ranu menjelaskan, para warga mencatat

(Kak Ranu sedang melakukan demo masak, sementara para warga sibuk mencatat yang dikatakan Kak Ranu)

para warga antusias tanya jawab

(Para warga antusias menjawab pertanyaan yang diberikan oleh MCikut bermain dan merakyat

  (Ikut bermain dengan anak-anak)

Keesokan paginya kami diajak oleh Bp. Izar ke sebuah sekolah yang sedang dalam tahap pembangunan. Selanjutnya dengan menggunakan truk kami menuju Pantai Ungapan untuk menanam mangrove dan tentu saja menikmati keindahan pantai Ungapan. Usai menanam mangrove kami jalan-jalan menikmati keindahan pantai, menaiki perahu, berenang, dan berfoto bersama. Setelah puas bermain di Pantai Ungapan kami kembali ke rumah warga untuk berkemas dan pulang. Tak lupa kami berpamitan kepada warga desa.

foto bersama di atas truk menuju pantai

(Keseruan saat melakukan perjalanan ke pantai)

naik perahu menuju tempat menanam mangrove

(Perjalanan menggunakan perahu untuk menanam mangrove)

foto bersama panitia HM

(Foto bersama di Pantai Ungapan)

Kak Arief Prasetyo THP 2012 selaku ketua pelaksana kegiatan ini berpesan, “Masa muda yang indah ketika bermanfaat bagi orang banyak meski sekecil apapun itu, terus berusaha memberikan hal positif kedepannya. Bajulmati menggapai asa bersama HIMALOGISTA!”

Harapan kami semoga apa yang kami berikan dapat bermanfaat untuk mereka. Semoga bisa berjumpa lagi di Hima-mengabdi tahun depan!!
Himalogista mengabdi..
Peduli tanpa batas!!
(DF)

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *