Himalogista Great Event 10

HGE (Himalogista Great Event) yang dilaksanakan pada bulan Oktober 2015 dengan sasaran peserta mahasiswa, pelajar SMA/SMK sederajat, alumni THP FTP UB dan masyarakat umum.Kegiatan ini merupakan kegiatan Aksi Pangan dalam rangka memperingati Hari Pangan se-Dunia dengan sub acara berupa NOISE (Noodle Paradise) yaitu suatu acara dengan mengangkat komoditas pangan lokal seperti wortel, ubi jalar ungu, dan sawi yang dijadikan mie sehat, FERMENTATION (Food Manufacture of National Competition) dan PESTAFLOGISTA (Past, Present and Future Himalogista) yaitu reuni akbar alumni THP. Kegiatan ini dikemas dalam satu acara yaitu.

1.    NOISE

            NOISE (Noodle Paradise) merupakan acara dengan mengangkat komoditas pangan lokal wortel, ubi jalar ungu, dan sawi yang dijadikan mie sehat,yang bebas bahan kimia seperti pengawet sebagai alternatif sumber karbohidrat lain selain beras dan mengurangi penggunaan tepung terigu sebagai produk impor. Acara tersebut dilaksanakan di Car Free Day(CFD) Ijen dengan berbagai rangkaian seperti:

  1. Orasi tentang hari Pangan sedunia yang jatuh pada tanggal 16 Oktober dan manfaat mie sehat. Untuk menarik minat para pengunjung maka akan dibagikan juga brosur yang berisi tentang manfaat mie sehat itu sendiri, 500 sticker yang bertuliskan “Happy World Food Day”, serta pembagian 500 mie sehat yang bekerja sama dengan pedagang mie untuk membuat mie sehat yang mengangkat komoditas pangan lokal wortel, ubi jalar ungu, dan sawi
  2. Demo pembuatan mie sehat
  3. Games makan mie tercepat untuk 20 peserta yang mengunjungi CFD, dan
  4. Flashmob sebagai penutup acara.

2.   FERMENTATION

         FERMENTATION (Food Manufacture of Nasional Competition) merupakan kompetisi yang ditujukan untuk SMA/SMK/sederajat tingkat Nasionalyang dilakukan berkelompok/tim dimana 1 tim terdiri dari 2 orang, kompetisi ini mendorong siswa untuk berfikir kritis terhadap masalah stabilitas pangan Indonesia dan memberikan inovasi pangan alternatif dengan mengangkat komoditas lokal serta bentuk Aksi Pangan dalam memperingati Hari Pangan. Dalam kompetisi ini peserta yang ikut sebanyak 314 tim yang melalui seleksi tahap 1 secara online. Kemudian 60 tim yang lolos seleksi tahap 1 akan menghadapi seleksi tahap 2 dengan mengirim karya tulis ilmiah yang bertemakan Inovasi Pangan Alternatif dalam Upaya Diversifikasi Komoditas Lokal Untuk Meningkatkan Stabilitas Pangan Indonesia”. Dari 60 tim yang mengirimkan karya tulis ilmiah akan diseleksi lagi menjadi 20 tim dimanadidatangkan ke Fakultas Teknologi Pertanian UB-Malang dan mempresentasikan gagasannya serta membawa poster edukasi pangan pada tanggal 12 – 14 Oktober 2015.Juara 1 FERMENTATION diraih oleh tim dari SMAN 1 Boyolangu, juara II diraih oleh tim dari SMAN 1 Sooko Mojokerto, dan juara III dari tim SMAN 1 Jember

 3.  PESTAFLOGISTA

PESTAFLOGISTA (Past, Present and Future Himalogista) yaitu salah satu rangkaian acara Himalogista Great Event (HGE) 10 dimana rangkaian ini merupakan acara temu kangen atau reuni bagi alumni-alumni jurusan THP FTP UB. Pada tahun ini, PESTAFLOGISTA mengangkat tema A Walk to Remember dengan memberikan nuansa yang akan mengingatkan kembali kenangan para alumni semasa kuliah. Acara ini memadukan family gathering dan juga temu kangen antara alumni dan mahasiswa aktif. PESTAFLOGISTA dihadiri ±200 peserta. Acara ini bertujuan untuk menjalin tali silaturahmi antar keluarga sesama alumni maupun mahasiswa aktif dan juga membangun hubungan yang baik antara jurusan dan pihak alumni.

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *