Hari Jamu Nasional? Yuk, Minum Jamu!

Hay THP’ers …!!! Gimana kuliah kalian? Apa kabar sama laporan?  Kegiatan-kegiatan kuliah tuh bikin badan pegal ya ga sih? Pasti capek, badan pegal, lemas dan makin lama makin ga bersemangat. Nah, kalau mengikuti zaman para orang tua kita, cara mengurangi capek, lemas, pegal tersebut dengan meminum Obat tradisional, atau lebih dikenal dengan Jamu.

Jamu itu apa ya? Jamu merupakan obat herbal yang tidak sepenuhnya mengandung bahan kimia, karena dibuat dari bahan alami berupa bagian dari tumbuhan (seperti akar-akaran, daun-daunan, kulit, batang dan juga buah), ada juga dari tubuh hewan (seperti empedu kambing) sehingga minim sekali untuk adanya efek samping. kebanyakan masyarakat tidak suka dengan jamu dengan alasan terlalu pahit.

Jamu itu ada banyak jenis-jenisnya loh! Berikut jenis jamu :

  1. Beras Kencur : dari nama saja sudah terlihat jelas terbuat dari apa jenis jamu ini. Beras kencur ini terdiri dari beras, ekstrak kencur, ekstrak jahe dan ekstrak asam.
  2. Kunyit Asam: jamu ini bahan utamanya berupa kunyit dan asam jawa, namun diberi beberapa tambahan seperti gula merah, temulawak dan rempah lain.
  3. Sinom : jamu ini hamper mirip dengan kunyit asam hanya saja bahan utamanya daun asam yang masih muda. Dengan menambahkan temulawak, kapulaga, kunyit, kayu manis, serta gula pasir.
  4. Galian singset : jamu galian singset ini terbuat dari kencur, temulawak, kunyit, asam jawa, kayu manis, merica, laos, serai, kunyit, cengkeh, kapulaga, ketumbar dan beberapa rempah-rempah tradisional lainnya.
  5. Temulawak : bahan dasar dari jamu ini tentu saja temulawak dengan ditambahkan dengan beberapa tambahan seperti asam jawa, gula aren, daun pandan, serta jinten.

 

Serta masih banyak jenis-jenis jamu yaitu seperti kudu laos, kunci sirih, uyup-uyup, pahitan, dan cabe puyang

 

Setelah tahu jenis Jamu, pada kepo ga sih manfaat dan khasiat Jamu-jamu diatas apa aja? Nih dia!

  1. Jamu bisa mengecangkan wajah
  2. Jamu bisa menghilangkan bekas luka
  3. Jamu dapat menyegarkan badan
  4. Jamu dapat menambah darah
  5. Jamu bisa meningkatkan stamina
  6. Jamu mampu mengobati masuk angin

Setelah membaca artikel diatas, jadi tahu kan manfaat dan khasiat Jamu?

Yuk minum Jamu untuk kesehatan !!

 

PP’15/16

#AR

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *