FUN FACT : RESEARCH AND DEVELOPMENT

Pada suatu perusahaan pasti terdapat bidang atau departemen yang mengatur kualitas pada produk yang diproduksinya, agar dapat memuaskan dan mendapatkan kepercayaan dari konsumen. Departemen ini contohnya seperti QA (Quality Assurance) dan QC (Quality Control). Namun apabila konsumen hanya diberi suatu produk yang sama terus menerus tentu konsumen akan merasa jenuh, maka dari itu diperlukan terobosan-terobosan baru agar konsumen tidak merasa jenuh dan selalu tertarik dengan produk yang diproduksi oleh suatu perusahaan. Departemen yang bertugas untuk memenuhi kebutuhan tersebut adalah departemen RnD (Research and Development).

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, departemen Research and Development pada suatu perusahaan mempunyai fungsi untuk melakukan penelitian dan mengembangkan penelitian tersebut. Penelitian yang dilakukan menyangkut semua kebutuhan perusahaan yang ditujukan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Penelitian dilakukan untuk mengetahui produk yang dibutuhkan masyarakat, atau persepsi masyarakat mengenai suatu produk. Hasil dari penelitian tersebut digunakan untuk menciptakan sistem baru yang lebih baik bagi perusahaan.

Selain itu, fungsi Research and Development juga biasanya bertanggung jawab mengelola sejumlah dana tertentu yang telah dianggarkan perusahaan untuk riset dan pengembangan. RnD melakukan test dan tak jarang membuat alat test sendiri dan terus mengembangkan teknologi baru untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan perusahaan. RnD juga bagian yang dihubungi apabila pihak luar hendak melakukan kerjasama dengan perusahaan berkaitan dengan pengadaan barang dan jasa untuk aktivitas riset dan pengembangan perusahaan.

Lalu, apa saja kualifikasi yang dibutuhkan agar bisa masuk kedalam deparetemen RnD ini? Untuk dapat menduduki posisi ini, seseorang tentu harus memiliki soft skill dan keilmuan seputar industri pangan, memiliki kreativitas dan inovasi yang tinggi karena RnD dituntut agar dapat menciptakan produk yang lebih baik lagi, keahlian dalam meneliti, menguji, dan juga didukung dengan skill komunikasi yang bagus.

Research and Development menjadi salahsatu incaran posisi untuk didapatkan bagi banyak lulusan, begitupula lulusan jurusan Teknologi Hasil Pertanian yang telah mempelajari proses produksi suatu produk pangan dari mulai mentah hingga menjadi produk jadi, sehingga secara keilmuan mumpuni untuk memasuki bagian RnD. Oleh karena itu banyak lulusan dari jurusan THP yang mengambil posisi RnD saat masuk kedalam suatu perusahaan pangan.

Himalogista 2018

Aksi Harmoni

Written by admin

Leave a Reply