Cerita STULAKOM Himalogista

Hai THPers! Tahukah kalian pada tanggal 22-26 Agustus 2016 kemarin, Himalogista telah mengadakan agenda yang dinanti-nanti yaitu STULAKOM (Studi Lapangan dan Komparasi) dengan tema G.A.S (Great Adventure and Study). Pada tahun ini, kami berkesempatan untuk mengunjungi industri-indusri di Jawa Timur dan Bali serta mengunjungi salah satu universitas di Surabaya.

Kunjungan pertama menuju PT. Ice Cream Campina Industry yang berada di Surabaya. Disini kami dijelaskan mengenai sejarah berdiri Campina, perkembangan jenis produk, dan sarana prasarana yang ada. Tidak hanya itu, kami juga melihat langsung beberapa ruang kerja pegawai dan ruangan-ruangan lainnya, proses pengolahan ice cream dan terakhir tempat penyimpanan produk bersuhu sangat rendah.

10

Selanjutnya kami melanjutkan perjalanan menuju Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya. Disini kami disambut dengan sangat hangat oleh jajaran Dekanat Fakultas Teknik Pertanian dan teman-teman Ormawa. Kami diajak berkeliling melihat sarana prasarana yang ada di universitas dan tak lupa untuk saling memperkenalkan Universitas dan Organisasi Mahasiswa satu sama lain. Studi komparasi ini diakhiri dengan pemberian cinderamata dan foto bersama.

12

Setelah itu kami memulai perjalanan ke Bali, dan sesampainya disana kami menuju Bali Chocolate Factory. Kami dikenalkan dengan berbagai jenis kakao yang digunakan dan berbagai jenis produk olahan yang dijual. Perjalanan kemudian dilanjutkan ke tempat oleh-oleh Krisna dan check in di hotel Abian Srama. Pada malam hari, kami diberi free time untuk melakukan kegiatan yang diinginkan.

Hari kedua di Bali, kami mengunjungi PT. Coca-Cola Bottling Indonesia. Kami dijelaskan mengenai sejarah berdirinya Coca-Cola, jenis produk yang dijual atau dihandle perusahaan dan sarana prasarana yang ada. Kami juga berkesempatan melihat proses pengolahan awal dimana botol-botol dibersihkan hingga siap dipasarkan dalam tiap-tiap kerat. Selama berada di perusahan-perusahaan besar seperti Coca-Cola Bottling ini, kami harus mematuhi peraturan-peraturan yang ada seperti menjaga kebersihan, melewati jalur pejalan kaki yang disediakan, dll.

13

Setelah mendapat ilmu baru dari kunjungan industri, kami menuju Joger di daerah Luwus dan dilanjut berwisata ke Bedugul. Pada hari terakhir di Bali, kami mengunjungi UKM Cening Ayu. Tidak hanya sebagai tempat oleh-oleh, kami juga diedukasi dan diperlihatkan bagaimana proses peracikan dan penyajian kopi oleh para barista serta proses pembuatan pie susu. Dari Cening Ayu, kami singgah di Pusat Peribadatan Puja Mandala, yang menyediakan tempat ibadah untuk 5 agama dalam satu area. Terakhir, sebelum mengakhiri perjalanan di Bali sekaligus agenda STULAKOM, kami mengunjungi pantai Pandawa.

Nah, itu dia cerita seru mengenai STULAKOM tahun ini. Ditunggu cerita-cerita selanjutnya yaa! ^^

 STRAKOMINFO 15/16

#AR

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *