Berkembang Bersama Tanggung Jawab

artikel ko     Tanggung jawab. Tentu sudah bukan kata yang asing lagi untuk kita dengarkan. Terlebih lagi apabila kita sedang mendapatkan suatu amanah selama masa perkuliahan ini. Tanggung jawab ini sangat erat kaitannya dengan bagaimana kita menanggapi suatu permasalahan, atau tugas yang dapat secara sengaja maupun tidak sengaja datang pada kita. Namun taukah kita, bahwa bertanggung jawab akan segala sesuatu itu, makna dan manfaatnya jauh lebih besar daripada sekedar menunaikan tugas?

           Bila kita sedikit flashback pada diri kita sendiri, secara tidak sadar, kita telah banyak melatih diri kita sendiri dengan kita bertanggung jawab. Salah satu contohnya ialah meningkatkan kepercayaan kita pada diri kita. Dimana kita yang pada awalnya merasa kurang mampu, menjadi lebih mampu dalam melakukan sesuatu. Dimana dulu kita kurang berani, menjadi lebih berani untuk menunjukkan diri dan mengambil tanggung jawab yang lain.

         Sedikit demi sedikit, kita meng-upgrade diri kita sendiri tanpa kita sadari. Hal itu dikarenakan dengan bertanggung jawab, kita akhirnya tergerak untuk melakukan sesuatu. Pergerakan kita inilah yang nantinya menambah pengalaman kita. Selain itu, dampak yang paling besar yang kita rasakan ketika kita bertanggung jawab ialah meningkatnya kepercayaan orang lain pada kita. Apalagi apabila perilaku kita ini sangat berjasa dan bermanfaat bagi orang lain. Maka hal tersebut akan memberikan dampak yang besar bagi lingkungan dan bagi diri kita sendiri.

         Ada kalanya, sebagai seorang mahasiswa kita merasa bahwa tanggung jawab merupakan suatu tugas yang sangat berat dan melelahkan. Dimana kita yang harus menjalankan perkuliahan dengan baik, tetap bersosialisasi, dan juga menjalankan suatu amanah yang besar. Namun percaya atau tidak, sebenarnya tidak ada amanah yang terlalu besar untuk kita. Hal ini dikarenakan semua orang akan dibebani suatu amanah sesuai dengan kemampuannya. Lalu bagaimana kita dapat tetap konsisten dalam menunaikan tanggung jawab kita? Berikut ada sedikit tips nih buat temen-temen sekalian 😀

  • Berbagilah Bebanmu Secukupnya

Salah satu hal yang membuat kita merasa begitu berat dan terbebani adalah kita memikulnya seorang diri. Dengan kita sharing pada orang yang kita percaya, atau orang pernah ada di posisi kita, akan memberi kita berbagai saran yang mungkin dapat membantu kita menyelesaikan berbagai masalah disepanjang perjalanan.

  • If you can’t do what you love, then love what you do

Ada kalanya, amanah yang kita dapati tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Lalu apa yang dapat kita lakukan? Pasti ada suatu alasan kenapa kita ditempatkan di suatu keadaan. Maka yang dapat kita lakukan adalah mengenali diri kita sendiri, agar kita dapat melakukan sesuatu dengan hati dan lebih bermanfaat lagi untuk orang di sekitar kita.

  • Keep Moving

Ibaratkan kita sedang mengayuh sepeda, jalan kita akan lebih stabil apabila kita sedang mengayuhnya dengan terus menerus. Sama seperti ketika kita sedang menunaikan suatu tanggung jawab. Ketika kita hanya diam dan berfikir tanpa memulai melakukan sesuatu, kita akan ada pada keadaan yang tidak stabil, dan membuat beban yang kita angkat akan terasa semakin berat.

  • Mengacu pada Tujuan

Niat atau tujuan merupakan motivasi terbesar kita ketika kita melakukan sesuatu. Dengan meluruskan niat, dan mengingat tujuan kita, maka akan menjadi semangat tersendiri dalam menunaikan suatu tanggung jawab, dan semakin membuka mata kita akan peluang-peluang yang mungkin kita miliki.

  • Menjaga Kesehatan

Bertanggung jawab bukan berarti mem-forsir tubuh kita untuk melakukan semua kegiatan. Kita juga perlu memperhatikan kesehatan kita baik secara jasmani maupun rohani. Karena, dengan tubuh dan jiwa yang bugar, otak akan bekerja dengan baik. Selain itu, fisik yang sehat memungkinkan kita mengerjakan segala sesuatu dengan tidak mudah lelah. Oleh karena itu, tetap jagalan tubuh kita. Agar kita semakin bermanfaat untuk orang lain.

Yang terakhir, ingatlah bahwa kita bertanggung jawab atas apa yang kita lakukan. Bukan apa yang orang lain nilai. Jadi siapkanlah usaha terbaik, dan pertanggung jawaban terbaik yang bisa kita berikan.

KO’15/16

#KA

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *