5 Cara Manajemen Keuangan Pribadi

Manajemen bukan hanya manajemen organisasi, manajemen emosi, dan manajemen waktu aja. Tapi manajemen keuangan pribadi juga perlu diperhatikan loh! Jangan sampai pengeluaran kamu lebih dari budget yang kamu punya! Seseorang akan sangat gigit jari jika sudah tidak mempunyai uang lagi tetapi harus masih banyak membayar hal-hal yang wajib. Seperti yang telah diketahui banyak orang, uang merupakan sesuatu yang sensitive jadi, jangan jadikan sensitive tersebut menjadi hal yang sangat mempengaruhi hidup kamu. So, simak yuk 5 cara manajemen keuangan pribadi dibawah ini!

  1. Tetapkan RAB (Rencana Anggaran Bulanan). Membuat RAB bukan hanya buat kepanitiaan aja yaa hehe. Biasakanlah membuat RAB  (Rencanakan Anggaran Bulanan) setiap awal bulan. Kamu bisa memisahkan uang tersebut berdasarkan kebutuhan misalnya biaya makan, transportasi, keperluan akademik, biaya tak terduga, atau pun yang lainnya.
  1. Tetapkan Skala Prioritas Pengeluaran dan Patuhilah! Setelah menentukan RAB tersebut, tentukanlah skala prioritas untuk menentukan apa saja yang harus didahulukan, serta pengeluaran apa saja yang bisa ditunda atau dikurangi di bulan tersebut. Setelah menetukan prioritas, jangan lupa untuk mematuhi apa yang telah kamu buat ya!
  1. Catat Segala Pengeluaran. Mencatat segala pengeluaran perlu dilakukan sehingga kamu akan mengetahui secara jelas kemana “perginya” uang tersebut. Periodenya bisa kamu tentukan sendiri, bisa setiap hari, dua hari, bahkan seminggu sekali. Caranya gampang kok, kamu cukup menyediakan catatan kecil untuk setiap pengeluaranmu. Memang terkesan sedikit ribet tapi percayalah, dengan kamu mencatat setiap pengeluaranmu, keuanganmu akan lebih terorganisir.Sisakan untuk Menabung dan Bersedekah
  2. Suka hangout bareng teman-teman? Suka kuliner ditempat makan yang mahal? Atau gak bisa nahan diri dari shopping? Sebenarnya sah-sah aja sih kalo budget yang kamu miliki mencukupi lifestyle kamu. Tapi, satu hal yang simple yang biasanya dilupakan mahasiswa adalah menabung dan bersedekah. Ya, menabung merupakan hal yang penting untuk dilakukan karena dengan menabung kamu tidak akan kekurangan jika suatu saat ada hal penting yang sangat mendesak. Selain menabung, biasakan untuk tetap sedekah yaa. Sedekah merupakan cara buat kita untuk mengungkapkan rasa syukur dengan berbagi apa yang kita miliki kepada orang lain.
  1. Sebisa Mungkin Hindari Hutang. Hutang dapat menjadi sebuah beban bagi keuangan, jadi pastikan kamu tidak memulainya dalam hidupmu. Sekali kamu berhutang, bisa-bisa menjadi kebiasaan yang sulit dihilangkan dimana kamu akan berpikir bahwa hutang merupakan solusi buatmu ketika kamu kehabisan uang di tengah bulan.

Salam,

Biro Keuangan

Himalogista 2017

Bergerak Kolaboratif

Written by admin

Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *