BAZAAR KEWIRAUSAHAAN

65226

Kewirausahaan adalah suatu sikap mental, jiwa yang selalu aktif atau kreatif berdaya dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sagat bernilai dan berguna bagi dirinya dan bagi orang lain dalam rangka meningkatkan pendapatan dalam kegiatan usaha. Hal ini yang membuat Jurusan Teknologi Hasil Pertanian berusaha mewujudkan mahasiswanya agar menjadi manusia yang berkualitas dan dinamis dalam menunjang industri dan wirausahawan pangan dalam persaingan global.

Dalam mendukung hal ini maka Himpunan mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian pada tanggal 23 Mei 2017 mengadakan kegiatan Bazar kewirausahaan yang berkaitan dengan mata kuliah praktikum bisnis pangan dengan tema SME’s (Small, Medium, Enterprises). Acara ini dilakukan di halaman parkir FTP. Peserta dalam bazaar tersebut adalah mahasiswa Teknologi Hasil Pertanian semester VI yang mengambil mata kuliah Praktikum Bisnis Pangan. Dalam hal ini peserta dituntut untuk bekerja sama dengan UKM disekitar Malang untuk menghasilkan produk pangan yang inovatif untuk dipasarkan. Bazaar Kewirausahaan ini terdiri dari 21 stan yang menghidangkan berbagai produk minuman dan makanan olahan.

Selain menjual produknya masing-masing, stand para mahasiswa juga di lombakan untuk memenangkan Award dimana ada 4 kategori dalam penilaian seperti, Terompet (Ter-Omong Parah), Terserah (Ter-Seragam Ramai dan Indah), Teripang (Ter-Inovatif dalam Pangan), dan Terasi (Ter-Rapi dan Bersih). Selain 4 kategori tersebut, setiap stand juga harus mendelegasikan seorang Duta Pangan yang berperan untuk mempromosikan produk mereka  dengan cara memakai kostum atau perlengkapan yang unik sesuai produk masing-masing. Duta Pangan ini juga dilombakan, yaitu melalui acara Food Fashion yang dinilai oleh juri, dimana para Duta Pangan ini dengan kostum yang unik berjalan dan bergaya di tengah area bazaar sambil memamerkan produknya. Bazar ini juga dimeriahkan oleh penampilan dari pengisi acara serta adanya demo produk FPTC. Dalam demo ini produk yang buat adalah pastry. Pengunjung bisa mencicipi langsung kue tersebut. Saat demo produk berlangsung ada beberapa kuis yang bisa dijawab oleh pengunjung atau peserta stand, dan akan diberikan hadiah bagi pengunjung yang menjawab benar.

Pada penghujung acara diumumkan pemenang 4 kategori stand dan Duta Pangan. Kategori Terompet (Ter-Omong Parah) dimenangkan oleh stand “Bololo” dengan produk yang dihasilkan yaitu tahu bulat dengan isian didalamnya. Kategori Terserah (Ter-Seragam Ramai dan Indah) dimenangkan oleh stand “L’amoer” dengan produk yang dihasilkan yaitu tahu jamur, Kategori Teripang (Ter-Inovatif dalam Pangan) dimenangkan oleh stand “Tole” dengan produk yang dihasilkan yaitu pentol lele. Kategori Terasi (Ter-Rapi dan Bersih) dimenangkan oleh stand “Vj Milk” dengan produk susu listrik dengan jelly. Sedangkan Duta Pangan dimenangkan oleh stand “Raisa” dengan produk rangin yang diberi topping aneka rasa.

Pengunjung Bazaar rata-rata mahasiswa Universitas Brawijaya dari berbagai Fakultas dan Jurusan. Respon pengunjung sangat senang dengan diadakannya acara Bazaar Kewirausahaan ini, selain melatih mahasiswa menjadi wirausahawan, mahasiswa juga bisa menciptakan dan mengenalkan produk pangan baru yang belum banyak dipasaran.

 

Written by admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *